• Jum'at, 24 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Desa Muara Muntai Ilir, Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), terus berupaya meningkatkan ekonomi kerakyatan dan kesejahteraan para nelayan, baik kelompok budidaya maupun nelayan tradisional.

Kepala Desa Muara Muntai Ilir, Arifadin Nur, menjelaskan bahwa pihaknya telah mensinkronkan program ini dengan RPJM Kabupaten, khususnya dalam peningkatan ekonomi kerakyatan melalui peningkatan kesejahteraan nelayan pembudidaya dan tradisional.

"Program ini telah berjalan hampir 2 tahun, dan telah memberikan dampak positif dengan bantuan bibit dan keramba," ujar Arifadin.

Pada tahun 2024, Pemerintah Desa Muara Muntai Ilir melanjutkan program tersebut dengan memberikan bantuan bibit, pakan, dan keramba ikan kepada nelayan di desa tersebut.

"Di tahun 2024, kami melanjutkan bantuan berupa bibit dan pakan ikan mas serta nila, serta sekitar 40 kotak keramba ikan akan disalurkan," tambahnya.

Selain itu, di tahun 2024, Pemerintah Desa Muara Muntai Ilir juga akan melaksanakan program peningkatan kapasitas para Ketua RT dan perangkat Desa, dengan berkolaborasi dengan salah satu desa di pulau Jawa, untuk mengembangkan potensi yang dimiliki Desa Muara Muntai Ilir.

"Program peningkatan kapasitas Ketua RT dan jajaran akan dilanjutkan tahun ini, di mana RT diwajibkan untuk memahami aplikasi yang berkaitan dengan kependudukan," lanjutnya.

Tak hanya itu, program peningkatan kapasitas perangkat desa juga akan dilakukan dengan berkolaborasi dengan Desa Ponggok, untuk menggali serta mengembangkan potensi yang dimiliki Desa Muara Muntai Ilir.

"Dengan status Desa Mandiri, kami tetap akan berupaya meningkatkan ekonomi kerakyatan demi kesejahteraan masyarakat. Desa Mandiri bukan hanya mandiri dalam infrastruktur, tetapi juga dalam peningkatan penghasilan tanpa bantuan," tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top