• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sub Koordinator Pembinaan Karakter SMP Kusrani

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sebagai upaya untuk meningkatjan kemajuan pendidikan di Kabupaten Kutai Kartanegara, sarana prasarana (Sapras) sekolah mutlak diperlukan. Tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) meralisasikan pemenuhan Sapras sekolah, salah satunya menyasar ke Sekolah Tingkat Pertama (SMP), seperti di SMP N 3 Tenggarong dan SMP N 1 Tenggarong.

Disekolah tersebut, Disdikbud Kukar memberikan pemenuhan sarana prasarana sekolah mulai mebeler, hingga laptop.

Menurut Kepala Sekolah SMP N 3 Tenggarong Sariyani, bantuan dari Pemkab Kukar tahun ini luar biasa, suport yang diberikan berupa sarana dan prasarana penunjang pembelajaran siswa.

"Kami telah menerima bantuan berupa papan tulis digital itu ada 15 unit dengan anggaran kurang lebih Rp 1 - 2 miliar. Kemudian bantuan 5 laptop untuk tenaga administrasi sekolah. Selanjutnya kursi 320 unit untuk siswa, Chromebook karena kita menuju Google Reference School (sekolah google) itu diterima oleh guru sebanyak 60 Chromebook dan akan menyusul ke siswa 1000 Chromebook." sebut Sariyani saat dikonfirmasi KutaiRaya.com Kamis (19/10/23).

Ia mengungkapkan hampir semua bantuan sudah terelisasi tinggal Chromebook untuk siswa saja yang belum. Rencananya 1000 Chromebook akan diberikan sekalian dengan lemarinya (locker).

Sariyani menambahkan bahwa SMP N 3 sebagai sekolah penggerak satu-satunya di Tenggarong, kemudian menuju sekolah google. Jadi bantuan ini memang sangat dibutuhkan untuk kemajuan anak-anak didik di SMP N 3 Tenggarong yang memang terletak di jantung Kota Tenggarong.

"Jadi kami sangat bersyukur, mudah-mudahan ini bisa memacu para guru guru juga stakholder sekolah serta siswanya untuk selalu menuju pendidikan yang lebih baik." harapnya.

Senada dengan Kepala SMP N 3 Tenggarong, Waka Sapras SMP N 1 Tenggarong Supriono, juga menyampaikan bahwa SMP N 1 Tenggarong juga dapat bantuan dari Pemkab Kukar melalui Disdikbud Kukar berupa 18 papan tulis digital, ada juga bantuan meja dan kursi siswa sekitar 119, kursi guru ada 32.

"Kami merasa bersyukur bantuan dari pemerintah ini sudah sangat luar biasa, yang memberikan fasilitas yang representatif bagi siswa siswi di SMP N 1 Tenggarong dengan total 27 kelas, dan jumlah siswa siswi sebanyak 897 orang." ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar Thauhid Aprilian Noor, melalui Sub Koordinator Pembinaan Karakter SMP Kusrani, mengatakan bantuan Sapras tahun ini ada diberikan di SMP yang ada di Kukar.

"Kita melengkapi sarananya seperti laptop, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk persiapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Chromebook, papan tulis digital. Kemudian perangkat sekolah, kita menuntaskan untuk bantuan mebeler baik itu yang sudah rusak jadi ada peremajaan. Seperti meja, kursi untuk siswa dan kursi untuk guru." sebutnya.

Adapun beberapa sekolah yang diberikan papan tulis digital dan Chromebook salah satunya di SMP N 1 Tenggarong, SMP N 2 Tenggarong, SMP N 3 Tenggarong, SMP N 7 Muara Kaman, SMP N 10 Loa Kulu

Sesuai program Kadisdikbud sarana dan prasarana yang belum lengkap akan dilengkapi. Bantuan ini tidak hanya diberikan ke sekolah negeri saja, tapi di swasta juga akan mendapatkan bantuan.

"Kami menyasar ke 109 SMP Negeri di Kukar dan 45 SMP swasta. Targetnya penyaluran bantuan ini dari tahun 2022 - 2024 untuk menunjang sarana pembelajaran, "tutupnya. (dri/adv/Disdikbudkukar)

Pasang Iklan
Top