• Kamis, 25 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Lurah Maluhu Tri Joko K

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi salah satu Lokasi Khusus (Lokus) penilaian Adipura yakni Kawasan Permukiman dan Bank Sampah.

Penilaian ini dilakukan oleh tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tanggal 2 - 4 Oktober 2023. Kelurahan Maluhu dipilih untuk penilaian Adipura karena mampu menjaga kebersihan lingkungan dan mengatur tatanan permukiman dengan baik.

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro, menjelaskan bahwa penilaian Adipura dilakukan setiap tahun, tetapi Kukar sudah lama tidak mendapatkannya, terakhir pada tahun 2014 kalau tidak salah.

"Tahun ini, Kelurahan Maluhu menjadi perwakilan Kukar dalam penilaian Adipura. Wilayah yang dinilai mencakup kawasan perkantoran, pertokoan, dan permukiman. Kelurahan Maluhu bertanggung jawab atas penilaian kawasan permukiman dan bank sampah." ucap Joko Kamis (5/10/23).

Joko mengatakan bahwa tim Adipura memberikan respons yang baik terhadap apa yang disajikan oleh Maluhu. Masyarakat Maluhu memiliki budaya kebersihan yang kuat, termasuk gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan mereka.

Ia menyebut sebelum penilaian tim Adipura, Kelurahan Maluhu telah melakukan berbagai upaya untuk mempercantik lingkungan mereka, seperti pembuatan taman, lomba kebersihan, dan lainnya.

Selama penilaian, tim Adipura bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar dan Kelurahan Maluhu sebagai tim pembantu.

"Kami berharap bahwa hasil penilaian ini dapat memberikan hasil yang positif dan memungkinkan kita mendapatkan penghargaan Adipura lagi, yang merupakan penghargaan prestisius untuk kebersihan lingkungan di Indonesia." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top