• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara






TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara Sunggono menghadiri kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak se-Indonesia, untuk di Kukar dilaksanakan di Lapangan Parkir Sebelah Kanan Kantor Bupati Kukar, Senin (26/06/2023).

Menurut Sunggono, hal ini dilaksanakan serentak se Indonesia, dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi.

"Saya dan beberapa unsur Forkopimda dan OPD di Kukar terkait, mengikuti kegiatan bulan pangan nasional yang dilaksanakan secara serentak di 394 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, " ujarnya.

Sunggono mengatakan, kegiatan ini juga untuk memastikan bahwa daerah-daerah bisa mengendalikan inflasi. Kukar sendiri inflasinya dibanding tahun lalu sudah turun dari 4,07 jadi 4,10. Angka ini terus menurun, karena di tahun ini di samping kita terus mengupayakan koordinasi mengadakan kegiatan pasar murah dan mengendalikan harga di pasar yang ada.

"Bapak Bupati juga sudah mengarahkan kami untuk melaksanakn operasi pasar. Operasi pasar ini insya Allh akan kita laksanakan sampai akhir tahun, di 20 kecamatan yang ada, semoga dengan cara itu dan kerja sama dengan bulog, harga pasar kita bisa terkendali sampai akhir tahun. Alhamdulillah sampai bulan ini memasuki hari besar agama (Idul Adha), harga bahan pangan tidak ada yang naik di Kukar," terangnya.

Ia menambahkan, dari laporan Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang), Wiyono, bahwa ada kecenderungan harga komoditas pangan itu turun harganya. Baik itu bawang, lombok, telur, dan daging ini menurun. Tapi ada juga yang naik.

"Tadi kita sudah koordinasikan dengan Plt Kadisketapang, semoga tidak hanya dilaksanakan hari ini saja, karena setiap minggu juga kita laksanakan di pasar murah di CFD. Semoga nanti bisa dilaksanakan di tempat-tempat lain," tutupnya.

Perlu diketahui, Program Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak di 342 titik di 301 kabupaten/ kota seluruh Indonesia dilaksanakan serentak Senin (26/06/2023). Program ini diselenggarakan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas). Tujuan program GPM untuk menjaga stabilitas harga pangan di tingkat konsumen sehingga laju inflasi terjaga. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top