• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Menjelang Hari Raya Idul Adha 2023, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar) pastikan bahwa ketersedian hewan qurban untuk tahun ini terpenuhi. Permintaan akan hewan qurban setiap tahunnya khusus di Kukar terus meningkat, untuk itu harus diimbangi dengan ketersediaan hewan baik sapi ataupun kambing.

Kepala Distanak Kukar Sutikno, melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Aji Gozali Rahman mengatakan kebutuhan sapi qurban untuk wilayah Kukar tahun ini mecapai 2.000 ekor, namun untuk mengantisipasi maka disiapkan antara 2.000 sampai 2.500 ekor untuk sapi. Sedangkan untuk kambing kebutuhannya antara 750 ekor sampai 1000 ekor dan telah disiapkan 1.500 ekor

"Insyallah untuk kebutuhan Kukar terpenuhi, karena kita tidak ada larangan mendatangkan hewan, hanya daerah jawa yang ada larangan menyuplai sapi." ujar Gozali Rabu (31/5/23).

Gozali menyebutkan dari 2.500 ekor ketersediaan hewan ini berasal dari sapi lokal di Kukar, yang dapat menyuplai kebutuhan bekisar antara 1.000 sampai 1.500. Dan sisanya akan dipenuhi oleh pedagang dadakan dari luar Kaltim.

"Untuk pedagang sapi dadakan nanti akan didominasi di Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Janan, Samboja dan Muara Jawa, serta Kota Bangun." jelasnya.

Ia mengungkapkan selama ini wilayah penyuplai hewan ternak yang bisa masuk di Kaltim khususnya Kukar itu masih didominasi oleh wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebulan bisa masuk 3 samapai 4 kali pengapalan ke wilayah Kaltim. Yang nantinya akan disebar ke beberapa Kabupaten/Kota di Kaltim

"Selama ini tidak ada hambatan masalah PMK, utuk wilayah NTT itu aman dari penyakit PMK. Bahkan dia tidak memvaksin PMK. Karena disana tidak diperbolehkan sapi masuk dari luar, jadi sapi ini aman."ujarnya

Dalam mengantisipasi penyakit pada ternak, Distanak Kukar akan lakukan pemeriksaan kesehatannya. Kemudian untuk pengecekan ini akan dilakukan dua kali diawal masuk dan menjelang H - 3. Untuk memastikan bahwa sapi tersebut sehat dan layak untuk qurban.

"Kami menghimbau kepada masyarakat yang ingin mencari ternak sapi/ternak kambing. Agar memilih hewan yang sehat, cukup umurnya dan yang penting adalah hewan qurban yang sudah diperiksa oleh petugas peternakan dan kesehatan hewan yang sudah di beri peneng/stiker sehat." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top