• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Foto bersama sesaat sebelum pagelaran wayang kulit semalam suntuk sebagai puncak peringatan HUT Kelurahan Maluhu

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 53 Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong dimeriahkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk, di Sasana Krida Bhakti Kelurahan Maluhu Senin (22/5/23) malam.

Acara diawali dengan pertunjukan drama kolosal sejarah berdirinya Maluhu yang masyarakatnya mayoritas warga transmigrasi dari Jawa. Dan diakhiri dengan hiburan wayang kulit dari Sragen dengan dalang Ki Budi Asmoro. Acara berlangsung sukses dan lancer.

Lurah Maluhu Tri Joko Kuncoro mengatakan rangkaian Festival Gebyar Maluhu Idaman ini dimulai tanggal 4 Mei sampai 22 Mei 2023.

"Kami angkat bukan hanya hiburan dan hura-hura nya saja tapi juga kita angkat soal sejarah Maluhu. Nah Maluhu yang kita lihat sekarang ini tidak tiba-tiba semaju ini, perlu perjuangan, perlu darah yang menetes, keringat. Bahkan nyawa yang dikorbankan pada saat itu." ucap Joko Senin (22/5/23).

Ia menjelaskan, jadi ada sejarah rombongan transmigran pertama itu sampai ada yang meninggal satu didalam perjalanan dan dimakamkan di Balikpapan. Dan sejarah ini harus diketahui oleh anak dan cucu.

"Kejadian-kejadian ini harus diarahkan dan diajarkan ke anak cucu, bahwasannya Maluhu ini tidak langsung seperti ini. Jadi sejarahnya sangat luar biasa sekali dan menguras tenaga, pikiran, nyawa maupun energi." ungkapnya.

Sementara Bupati Kukar yang diwakili Camat Tenggarong Sukono mengucapkan selamat ulang tahun ke 53 kepada kelurahan dan masyarakat Maluhu. Semoga warga maluhu lebih sejahtera dan menjadi kelurahan yang maju. Diharapkan juga kelurahan maluhu kedepan mempunyai peran penting baik dalam bidang sosial, ekonomi dan budaya yang mendukung terhadap keadaan Kecamatan Tenggarong.

"Saya mendukung dan menyambut gembira rangkaian yang berorentasi sosial dan budaya. Yang dilaksanakan dalam rangka HUT ke 53 Kelurahan Maluhu seperti kegiatan keolahragaan, pagelaran seni budaya, bazar UMKM dan acara hiburan wayang kulit pada malam hari ini." sebutnya.

Dengan harapan, kegiatan ini bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat dalam memperkuat sektor usaha mikro dan kecil serta dukungan dalam pengentasan kemiskinan di Kukar. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top