• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) ke IX Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2023, yang diselenggarakan di Kota Bontang mulai tanggal 9 Mei sampai dengan 13 Mei.

Lomba yang diadakan setiap tahun ini, dikuti 10 Kabupaten/Kota di Kaltim. Adapun lomba tersebut melombakan baik itu kategori lomba posyantek desa berprestasi, lomba produk khas daerah, lomba stan terbaik, dan kategori teknologi tepat unggulan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto, mengatakan tahun ini Kukar ikut berpartisipasi pada lomba yang tuan rumahnya Pemkot Bontang.

"Jadi kita mengirim peserta inovasi TTG ini diwakili oleh desa. Ada tiga Desa yang mengikuti lomba ini yakni ada Posyantek Bumi Manunggal Jaya (BUMIJA) Desa Manunggal Jaya dengan inovasi kompor jet dari oli bekas, Desa Kota Bangun Ilir dengan inovasi membuat mesin pengiris lerupuk olahan, dan Desa Badak Baru dengan produk Balanipa Daur Ulang Tali yang merupakan binaan PT. Pertamina Hulu Sanga Sang." kata Arianto Kamis (11/5/23).

Arianto mengungkapkan dengan adanya TTG ke IX ini, bagaimana nanti pembinaan TTG kedepan karena ini digelar rutin setiap tahun. Harapannya ditingkat kabupaten juga akan lakukan pembinaan rutin, sehingga nanti seluruh pelaku posyantek khususnya TTG ini bisa berkembang di Kukar.

Diakui Arianto, bahwa pembinaan di Kukar ini belum semua kalangan memahami, tau dan paham tentang TTG. Jadi perlu sosialisasi, pembinaan bagaimana nanti memahamkan kepada pihak-pihak yang punya keinginan untuk mengembangkan TTG. Dan bagaimana pemdes lebih mendukung pengembangan TTG di wilayahnya masing-masing.

Kemudian ada juga peralatan atau inovasi TTG yang belum terpantau oleh DPMD yang diberikan kewenangan dan fasilitasi pengembangan TTG ini.

"Kami berkomitmen terus dengan ikut setiap ada event untuk gelaran TTG, sehingga TTG ini bisa berkembang di Kukar. Kita juga berharap dari TTG ini nanti kita bisa amati, tiru dan modifikasi (ATM) atau bisa memotivasi kawan-kawan pelaku inovasi TTG ini di wilayah kita. Bahwa TTG ini betul-betul ada pembinaannya setiap tahun."pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top