• Selasa, 27 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Untuk mendorong kemajuan pariwisata, Desa Semayang bakal bangun penginapan ditepi danau

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Desa Semayang, Kecamatan Kenohan, Kutai Kartanegara (Kukar) terus berbenah untuk memajukan pariwisata, dengan menyiapkan penginapan di tepi Danau Senayang.

Kepala Desa (Kades) Semayang, Isra, penyediaan penginapan ini merupakan langkah dari Pemerintah Desa Semayang untuk memajukan potensi disektor pariwisata. Untuk pembangunan penginapan ini dibantu dari Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, dan nanti kalau sudah selesai dibangun, akan dikelola oleh Pokdarwis Desa Semayang.

"Saat ini ada sekitar 6 unit bangunan yang sedang dibangun. Selain itu fasilitas pendukung juga sedang di bangun, ini tahun ini Insya Allah banana boat dan kapal wisata sudah ada. Tinggal sisanya lagi kita coba kembangkan." ujarnya.

Isra mengungkapkan Desa Semayang memang kerap dikunjungi masyarakat ketika hari libur. Para pengunjung mendatangi Desa Semayang dengan berbagai tujuan. Mulai dari rekreasi keluarga hingga memancing. Namun yang banyak datang yakni pemancing.

Untuk itu, Pemerintah Desa terus berupaya mengembangkan potensi wisata di Desa Semayang. Mengingat pengembangan potensi wisata di desanya mendapat dukungan penuh dari Dispar Kaltim.

Isra mengatakan bahwa sebelumnya Dispar Kaltim melaksanakan Festival 3 Danau di Desa Semayang. Dan dari festival tersebut berhasil menembus nominasi, pada ajang Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2022 lalu. Dengan kategori reguler, festival ini secara khusus mengangkat seni budaya dan keberlanjutan lingkungan (ekowisata). Di kawasan 3 danau terbesar di Kaltim. Yakni Danau Semayang, Melintang dan Jempang.

"Makanya kami dari desa disekitar 3 danau ini (Danau Semayang, Melintang, dan Jempang). Berlomba-lomba mengembangkan potensi wisata," ungkapnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top