• Jum'at, 22 September 2023
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Setelah hampir tiga tahun vakum akibat pandemi covid 19 dan beberapa kendala teknis, akhirnya Objek Wisata Pulau Kumala sudah mulai buka hari ini Kamis (1/9/22) dari pukul 08.00 - 18.00 wita.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) Slamet Hadiraharjo mengatakan bahwa diinformasikan kepada seluruh masyarakat Kukar termasuk Kota Samarinda dan Balikpapan mulai hari ini Kamis 1 September 2022, Pulau Kumala sudah buka.

"Dibukanya Pulau Kumala karena beberapa fasilitas yang ada sudah selesai dibenahi, seperti listrik dan PDAM kemudian untuk wahana baru komidi putar yang beroprasi. Kami menggeratiskan untuk wahana komidi putar selama dua hari untuk pengunjung." ungkap Slamet Kamis (1/9/22).

Slamet menyebut untuk wahana, memang masih seadanya saja, nantinya secara bertahap akan diperbaiki. Namun setelah dilihat, ternyata tidak hanya bertumpu pada wahana saja. Tetapi ada kharisma tersendiri dari Pulau Kumala yang membuat masyarakat rindu agar obyek wisata tersebut bisa segera dibuka. Jadi meskipun mereka masuk ada kepuasan tersendiri seperti buat nongkrong-nongkrong dan berekreasi.

"Kedepan kami akan meningkatkan kembali daya tarik obyek wisata ini. Walaupun, masyarakat sudah sangat senang dengan kembali dibukanya obyek wisata tersebut. Baik untuk berekreasi, piknik, swafoto dan berjalan-jalan bersama keluarga. " ujarnya.

Untuk diketahui bahwa Objek Wisata Pulau Kumala selain menjadi Icon di Kukar, juga sebagai salah satu penyubang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kukar. Oleh karena itu Dispar berupaya menghidupkan kembali wisata tersebut.

"Harapannya setelah dibukanya Pulau Kumala ini yang pasti kita menghidupkan destinasi wisata, sebagai target PAD Kukar, kemudian ekonomi kreatif yang ada di Pulau Kumala seperti kuliner sovenir, permainan bisa meningkatkan daya tarik pengunjung. Dan juga bagian dari tempat refreshing warga masyarakat di Tenggarong maupun di sekitaran Kukar." tutup Slamet. (*dri)

Pasang Iklan
Top