• Minggu, 28 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah membuka pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman mulai 22 Juni sampai 13 Juli 2021. Pendaftaran melalui online di link https://beasiswa.kukarkab.go.id/

Adapun sasaran beasiswa ini adalah Pelajar, Santri, Mahasiswa, Guru, Siswa Berkebutuhan Khusus, Stimulan Mahasiswa S1, dan Tematik. Yang tercatat sebagai WNI Penduduk Kutai Kartanegara.

Kabag Kesra Kukar, Mulyadi melalui Analis Kebijakan Kesra, Hafidz mengatakan bahwa pihaknya melaksanakan program dedikasi Bupati yaitu beasiswa Kukar Idaman. Beasiswa ini juga banyak macamnya, kalau tahun lalu hanya satu macam saja yaitu stimulan mahasiswa S1 sedangkan tahun ini banyak.

Diantaranya beasiswa 1000 guru honor itu harus dikuliahkan sampai selesai. Anak SMA berprestasi, anak berkebutuhan khusus, santri pondok pesantren, calon guru didaerah terpencil, mahasiswa S1.

"Pendaftaran dibuka mulai 22 juni - 13 Juli 2022 , setelah itu nanti kita verifikasi atau kita periksa berkas kelengkapannya. Kalau yang tidak lengkap otomatis kita gugurkan. Untuk kuotanya kami belum bisa menyampaikan, sebab kita disini melihat dari beasiswa guru tadi, karena ada 1000 orang. Untuk anggaran beasiswa 1000 guru ada Rp 5 miliar. Jadi kalau peminatnya kurang kita akan alihkan anggaran itu untuk beasiswa stimulan." ungkap Hafidz kepada KutaiRaya.com Jumat (24/6/2022).

Hafidz menyebut karena peminat beasiswa stimulan sangat banyak, dulu sampai puluhan ribu yang daftar, tapi tahun 2021 lalu yang kurang dimana dari 2900 mahasiswa stimulan, ternyata yang ngajukan cukup syarat hanya 1200 orang. Hal ini disebabkan banyak siswa dan mahasiswa yang mendaftar beasiswa di provinsi dengan nominal lebih besar. Dan salah satu peraturan beasiswa Kukar idaman, bagi yang sudah menerima beasiswa ditempat lain tidak bisa lagi mengajukan di sini.

Untuk persyaratan pendaftaran, umumnya harus memiliki KTP dan KK Kukar. Pelajar atau Mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan mendapat surat keterangan dari kepala sekolah atau keterangan aktif kuliah dari Perguruan Tinggi dan/atau surat keterangan dari Instansi yang terkait yang berkaitan dengan prestasi akademik.

Minimal telah semester 2 (dua) yang dibuktikan dengan Kartu Hasil Studi (KHS) dari Perguruan tinggi. Menyertakan SK Ban-PT dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Melampirkan rapot prestasi Akademik untuk (jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah) atau transkrip akademik sementara/KHS untuk jenjang pendidikan tinggi.

Melampirkan Foto Copy buku rekening aktif ( Bankaltimtara atau BRI) dengan nama pemilik rekening yang sama dengan nama pemohon beasiswa sesuai kartu identitas diri. Menandatangani surat perjanjian bermaterai 10.000 yang menyatakan bersedia mengabdi di Kabupatan Kutai Kartanega setelah menyelesaikan studi pendidikan tinggi bagi Mahasiswa yang menerima beasiswa program kerjasama dan beasiswa S2 dan S3.

Tidak sedang menerima beasiswa dari sumber pembiayaan lain baik dari pemerintah pusat dan daerah, pemerintah Negara lain maupun swasta dalam dan luar negeri, ditandai dengan surat pernyataan dan bermatrai 10.000. Dan Bukan berstatus sebagai ASN, TNI, POLRI dan bukan karayawan BUMN/BUMD/ perusahaan swasta asing/perusahaan swasta besar lainnya, dan bermatrai 10.000.

Sementara untuk persyaratan khusus Tingkat SDLB-SMALB, yaitu Sekolah yang telah mendapatan izin dari lembaga resmi, melampirkan surat keterangan dari sekolah bahwa siswa tersebut berkebutuhan khusus SDSLB dari kelas 4-6, SMPLB Kelas 8-9, SMALB dari Kelas 11-12.

Selanjutnya Beasiswa Santri bagi pondok pesantren yang telah mendapatkan izin dari lembaga resmi. Peringkat 1-3 nilai kenaikan kelas untuk Ibtidaiyah/diniyah kelas 4-6, Tsanawiyah kelas 8-9, dan Aliyah kelas 11-12.

Kemudian Beasiswa Stimulan Prestasi Akademik diperuntukkan bagi tingkat SMA/SMK/MA kelas 11 dan 12 dengan menyertakan peringkat 1-3 untuk nilai rapor kenaikan kelas. Tingkat perguruan tinggi S1 harus memiliki Indeks Prestasi Ku. (*dri)

Pasang Iklan
Top