• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala Diarpus Kutai Kartanegara Ahyani Fadianur Diani)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Guna menumbuhkan minat baca khususnya masyarakat pedesaan di Kutai Kartanegara yang jauh dari Perpustakaan Umum Daerah Kukar, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kukar terus memprogramkan dan mengembangkan Perpustakaan Desa.

Hal ini diungkapkan Kepala Diarpus Kutai Kartanegara Ahyani Fadianur Diani kepada awak media, Senin (20/6/2022).

Menurut Ahyani, perpustakaan di Desa ada beberapa yang kita olah, seperti kemarin kita ambil contoh sampel untuk pembangunan perpustakaan Desa itu didaerah Loa Janan dan Loa kulu.

"Disitu kita bangunan perpustakaan desa kita bantu gedungnya dan sarana prasarana. Dan ini mudah-mudahan berjalan, tapi kita juga masih melihat perkembangannya untuk desa yang lainnya, terutama yang bersedia untuk proses utamanya ketersediaan SDM nya untuk pengelola perpustakaannya. Jangan sampai nanti sudah kita berikan sarana prasarana nanti yang ngurusin tidak ada," terang Ahyani.

Ia mengatakan, untuk perpustakaan Desa di Loa Janan dan Loa Kulu ini masih kita bina terlebih dahulu, kita akan berikan bagaimana nanti proses pelaksanaan untuk perpustakaan itu bisa berjalan dengan baik.

"Saat ini disana ada tiga desa, dan tahun ini akan ada penambahan desa, yakni di Tenggarong Seberang kurang lebih ada dua desa dan Sebulu ada tiga desa untuk perpustakaannya, dan ini masih kita evaluasi," imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk waktu proses pelaksanaan tergantung evaluasi kami khususnya kepada proses di SDM, karena ada persyaratan khusus yang kita berikan ke Desa kalau umpamanya Desa bersedia kita verifikasi lahan.

"Karena lahan ini jangan sampai menjadi permasalahan ketika kita mau bangun tapi lahannya tidak ada. Jadi yang perlu disiapkan proposal dan status lahan sudah siap. Dari 193 Desa di Kukar minimal seperempatnya sudah ada perpustakaan Desanya," harapnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top