• Kamis, 25 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Malam Rekat Budaya Pemilihan Sandi Sengkak Duta Budaya Kukar 2024 menjadi ajang unjuk bakat para finalis Duta Budaya. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong pada Jumat malam (21/6/24).

Sebanyak 20 finalis Duta Budaya terpilih menampilkan berbagai seni dan kebudayaan khas daerah Kutai Kartanegara (Kukar), termasuk budaya pedalaman, kesultanan, hingga pesisir.

Kepala Disdikbud Kukar, Thauhid Aprilian Noor, melalui Pamong Budaya Ahli Muda Bidang Kebudayaan Disdikbud Kukar, Agus Syarifudin, menjelaskan bahwa kegiatan malam rekat budaya ini mencakup unjuk bakat. Kegiatan ini mendapat sambutan luar biasa dari orang tua finalis Duta Budaya 2024.

"Pemilihan Duta Budaya ini dimulai sejak 8 Juni 2024 dengan seleksi dari 75 finalis, kemudian ditentukan 20 finalis. Pada 13 Juni, kami melaksanakan City Tour ke Kecamatan Anggana, dan malam ini adalah bagian dari seleksi serta penilaian bakat mereka," kata Agus pada Jumat (21/6/24).

Agus mengungkapkan bahwa bakat yang ditampilkan oleh 20 finalis sangat beragam dan unik. Seni dari pedalaman, kesultanan, dan pesisir semuanya dipresentasikan, menunjukkan persiapan matang para finalis sejak lama.

"Para finalis ini beruntung karena memiliki kesempatan untuk menampilkan bakat mereka di depan umum pada malam rekat budaya ini," tambahnya.

Pada Sabtu malam (22/6/24), pemenang akan diumumkan dalam acara di Taman Titik Nol depan Museum Mulawarman Tenggarong. Juara akan dipilih dalam 7 kategori: Juara 1 Duta Budaya 2024 (1 Sengkak 1 Sandi), Wakil 2 Sandi Sengkaka, juara atribut terbaik atau intelegensia terbaik, Sandi Sengkaka berbakat, dan juara favorit. Juara 1 Sandi Sengkak akan mewakili Kabupaten Kutai Kartanegara di tingkat provinsi Kaltim.

"Kami berharap generasi muda di kecamatan juga bisa melaksanakan kegiatan atau seleksi duta budaya serupa," pungkas Agus. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top