• Kamis, 25 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Apresiasi dan Jambore Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kutai Kartanegara (Kukar) tahun 2024 resmi dibuka, sebagai ajang silaturahmi tingkat Kecamatan dan Desa. Kegiatan ini digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) selama tiga hari, dari tanggal 21-23 Juni, di Gedung Bela Diri Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kukar, Akhmad Taufik Hidayat. Turut hadir Bunda PAUD Kukar, Maslianawati Edi Damansyah, dan Sekretaris Disdikbud, Maria Ester. Dalam Jambore PAUD ini, dirangkai dengan berbagai kegiatan seperti lomba paduan suara, talkshow antar Bunda PAUD, dan bazar UMKM.

Sekretaris Disdikbud Kukar, Maria Ester, mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Kemudian juga karena ada program Disdikbud yaitu anak usia 0 sampai dengan 8 tahun maka Pendidikan Anak Usia Dini itu tidak hanya di PAUD tetapi juga di jenjang pendidikan sekolah dasar kelas 1 dan kelas 2 SD,

Maria Ester menekankan pentingnya kegiatan ini untuk pencegahan angka putus sekolah. "Kita memberikan penguatan kepada guru-guru dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pentingnya pendidikan anak dari usia dini sehingga nanti kedepannya tidak akan ada anak yang putus sekolah dari 20 Kecamatan,"jelasnya.

Peserta yang ikut dalam kegiatan ini Kepala Sekolah PAUD, SD, Bunda PAUD kecamatan dan desa, UPT layanan pendidikan, penilik, pengawas sekolah, camat, serta ratusan undangan lainnya. "Kegiatan ini melibatkan semua pihak dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Kukar," tambah Maria.

Bunda PAUD Kukar, Maslianawati Edi Damansyah, menekankan bahwa kegiatan ini bertujuan agar Bunda PAUD di tingkat kecamatan, desa, dan kelurahan dapat mengajak masyarakat untuk mengenyam pendidikan PAUD bagi anak usia 0 sampai 8 tahun.

"Karena tanpa adanya pendekatan dari Bunda PAUD, masyarakat tidak akan tahu pentingnya pendidikan anak usia dini. Saat ini masih minim kesadaran masyarakat," ujarnya.

Maslianawati menambahkan bahwa Bunda PAUD Kukar akan membentuk forum PAUD di setiap kecamatan, sehingga nantinya ada cabang-cabangnya.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mau mendaftarkan anaknya untuk mengikuti pendidikan PAUD di usia dini," tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top