• Kamis, 25 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pembukaan kegiatan O2SN jenjang SD Kukar 2024

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang Sekolah Dasar (SD) tahun 2024 diikuti oleh 118 peserta dari 11 kecamatan di Kutai Kartanegara (Kukar). Kegiatan ini digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar selama tiga hari, dari 13 hingga 15 Juni 2024, di Tenggarong.

Kepala Disdikbud Kukar, Thauhid Aprilian Noor, melalui Seksi Penjaminan Mutu dan Kelembagaan SD Disdikbud Kukar, Patahangi, menyatakan bahwa pembinaan dan pengembangan olahraga di setiap jenjang pendidikan merupakan bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional. Pilar-pilar ini meliputi olah hati atau kalbu, olah rasa, olah pikir, dan olahraga.

"O2SN-SD merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat. Selain itu, program ini dilaksanakan setiap tahunnya di semua jenjang, mulai dari Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas. Untuk di Kabupaten hanya SD dan SMP," kata Patahangi pada Kamis (13/6/24).

Ia juga menyebutkan bahwa O2SN jenjang SMP sudah dilaksanakan beberapa hari lalu. Kegiatan ini diharapkan dapat membangun kebersamaan, kekompakan, dan persaudaraan antar siswa SD. Cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan meliputi Karate, Bulutangkis, Renang, Atletik, Senam, dan Pencak Silat, dengan total 158 peserta termasuk official pendamping dari 11 kecamatan.

"Peserta didik dievaluasi prestasinya, khususnya di bidang olahraga, karena kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun. Ini memberi ruang bagi mereka untuk berolahraga sesuai cabor yang dipertandingkan di O2SN. Tahun ini ada 11 kecamatan yang ikut berpartisipasi, mengirimkan tim setelah melalui seleksi tingkat sekolah dan kecamatan. Alhamdulilah, hari ini seleksi tingkat kabupaten Kukar,"paparnya.

Patahangi menambahkan bahwa juara 1 dari hasil O2SN ini akan otomatis mewakili Kukar ke tingkat provinsi, yang rencananya akan dilaksanakan pada 15-19 Juni 2024 di Balikpapan.

"Nantinya, para juara 1 akan mewakili Kukar di tingkat provinsi. Kami berharap agar atlet kami bisa bertanding di tingkat provinsi, meraih juara 1, dan mewakili Kaltim di tingkat nasional," pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top