• Kamis, 25 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Desa Kedang Murung di Kecamatan Kota Bangun melakukan pengembangan wisata Danau Tanjung Sarai sebagai sektor unggulan.

Sekretaris Desa Kedang Murung, Zainul Arifin, mengungkapkan bahwa masyarakat sangat mendukung potensi wisata Tanjung Sarai, terutama ketika menjadi lokasi lomba balap ketinting. Destinasi ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi warga setempat.

"Tingkat kunjungan di Danau Tanjung Sarai meningkat, khususnya saat menjadi lokasi lomba balap ketinting, membuka peluang emas bagi para UMKM. Beragam makanan khas desa tersaji, menggugah selera para wisatawan," kata Zainul belum lama ini.

Ia menambahkan bahwa saat ada event seperti balap ketinting, masyarakat juga dilibatkan dengan berjualan aneka ragam cemilan dan makanan. Pemerintah desa menyediakan fasilitas bagi pelaku UMKM yang ingin menjajakan dagangannya, dengan tarif yang tidak dipatok, hanya berupa uang kebersihan seikhlasnya. Keberadaan wisata Danau Tanjung Sarai tidak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi tetapi juga menjadi sumber kesejahteraan bagi para pelaku ekonomi kreatif.

"Antusiasme masyarakat Kedang Murung ini cukup besar dan mereka menemukan pola hidup di sini lewat berjualan. Maka dari itu, roda perekonomian di sini dapat terus berputar," ungkap Zainul.

Untuk menarik lebih banyak wisatawan setiap tahunnya, Desa Kedang Murung sering menyelenggarakan lomba balap ketinting. Pemerintah desa juga berkolaborasi dengan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan mesin ketinting untuk menyukseskan event tersebut. Dengan adanya event-event seperti ini, diharapkan masyarakat sekitar, terutama anak muda, bisa lebih berdaya dalam mengelola usaha UMKM.

"Kami juga berharap wisata ini ke depan bisa terus berkembang dan mendatangkan wisatawan dari luar daerah sehingga dapat membantu meningkatkan PADes," tambah Zainul.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta, mengatakan bahwa Dinas Pariwisata mendukung pengembangan wisata di Desa Kedang Murung. Upaya ini juga membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata di Kukar.

"Kami dari Dispar Kukar siap mendukung pengembangan wisata ini dengan syarat harus memiliki Pokdarwis dan lahan yang digunakan sebagai wisata harus memiliki kepemilikan yang jelas," tutup Ridha. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top