• Sabtu, 27 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Mohammad Bustani, Kepala Bidang Pemasaran Produk Dalam Negeri dan Pengendalian Barang Pokok Disperindag Kukar.

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartanegara (Kukar) terus melakukan pendampingan bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk memasarkan produk mereka di e-katalog. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen Disperindag dalam mendukung produk lokal agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Pemerintah Kabupaten Kukar telah menyiapkan e-katalog lokal tersebut dan telah diterapkan di organisasi perangkat daerah di wilayah setempat hingga tingkat kecamatan dan kelurahan atau desa.

Mohammad Bustani, Kepala Bidang Pemasaran Produk Dalam Negeri dan Pengendalian Barang Pokok Disperindag Kukar, menyatakan bahwa pendampingan kepada pelaku IKM bertujuan untuk mendukung produk lokal di Kukar. Dengan masuk ke e-katalog, diharapkan kesejahteraan pelaku IKM akan meningkat.

"Tujuan utamanya adalah untuk memudahkan pemasaran produk secara luas dan mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai alat promosi dan transaksi penjualan," ujarnya.

Pendampingan ini juga membantu pelaku UMKM memahami persyaratan untuk memasukkan produk ke e-katalog, termasuk sertifikasi halal untuk produk makanan seperti P-IRT (Pemeriksaan Identifikasi Produk Pangan Industri Rumah Tangga) serta standar keamanan produk yang diunggah.

"Hingga saat ini, sudah ada ratusan IKM yang telah masuk dalam e-katalog. Mereka berasal dari berbagai lokasi di Kutai Kartanegara dan telah menerima panduan tentang cara memasukkan produk ke dalam e-katalog,"tambahnya.

Dengan pendampingan ini, pelaku IKM dapat memperluas jangkauan pasar mereka hingga ke wilayah yang jauh. Sebagai contoh, produk seperti teh serai dari Kukar kini dapat dijual hingga ke daerah Sumatera.

Langkah ini sejalan dengan visi misi Bupati untuk mendukung pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka melalui e-katalog, dengan harapan dapat membantu pertumbuhan bisnis mereka dan memperluas jaringan pasar.

"Harapan kami dengan produk IKM masuk dalam e-katalog, mereka bisa mengembangkan usahanya dan meningkatkan penjualan mereka," tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top