• Sabtu, 27 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) akan menggelar sertifikasi pemandu wisata outbound pada Juni 2024 mendatang di Tenggarong. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari sertifikasi pemandu wisata untuk pengelola objek wisata yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar, menjelaskan bahwa sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas layanan dan pengelolaan paket wisata di desa wisata di Kukar. Sertifikasi ini dilakukan bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia.

"Kegiatan ini juga membantu para pengelola untuk memahami standar keamanan, kesehatan, dan lingkungan dalam melakukan kegiatan outbound. Sertifikasi ini menyasar kepada Pokdarwis di Kukar sebanyak 30 orang," kata Ridha pada Selasa (21/5/24).

Ridha menjelaskan bahwa dalam sertifikasi tersebut, para Pokdarwis akan belajar dan mengikuti serangkaian tes sertifikasi tentang teknik-teknik outbound. Selain itu, mereka juga akan belajar tentang cara mengelola tim dan memberikan briefing keamanan sebelum melakukan kegiatan outbound.

Dengan mengikuti kegiatan Sertifikasi Pemandu Outbound, Pokdarwis diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pengunjung. Mereka juga diharapkan dapat memberikan pengalaman outbound yang lebih aman, menyenangkan, dan bermanfaat bagi para pengunjung yang ingin menikmati wisata alam di masing-masing objek wisata.

"Sertifikasi Pemandu Outbound ini merupakan bagian dari upaya Dispar Kukar untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperluas pengalaman wisata bagi para pengunjungnya,"ujar Ridha.

"Dengan memiliki pemandu outbound yang terlatih dan berkompeten, pengunjung wisata di Kukar akan merasa lebih nyaman dan terjamin keselamatannya saat melakukan kegiatan outbound di lokasi tersebut,"pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top