• Jum'at, 14 Juni 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pulau Kumala

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Dinas Pariwisata terus berbenah untuk meningkatkan daya tarik objek wisata. Salah satunya adalah pembangunan Waterboom di Pulau Kumala, Tenggarong, yang kini tengah dalam proses pembangunan.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Kukar, Ridha Fatrianta, menyatakan bahwa pembangunan Waterboom ini telah memasuki tahap kedua dengan penambahan kolam arus dan ombak. Ini diharapkan akan menarik lebih banyak wisatawan ke objek wisata tersebut.

"Walaupun sempat tidak terawat beberapa tahun lalu, Pulau Kumala kini sedang diperindah untuk menarik perhatian wisatawan. Pembangunan Waterboom di sana adalah salah satu upaya Pemerintah daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan pendapatan daerah." ujarnya.

Ridha menjelaskan bahwa proses lelang untuk wahana yang dinantikan tersebut sudah dimulai dan rencananya akan selesai pada akhir 2024 untuk kemudian dioperasikan tahun depan.

"Rencananya, dalam tahun ini, akan dilanjutkan tahap kedua pembangunan Waterboom setelah tahap pertama pada tahun lalu. Progres pembangunan saat ini sekitar 30 persen, dengan penambahan peralatan, pagar, dan loket." jelasnya.

Dari luas lahan 3,8 hektar, sudah dibangun 2 kolam, dan rencananya akan ditambahkan 2 kolam lagi, yaitu kolam arus dan kolam ombak. Harapannya, pembangunan wahana baru ini akan selesai tahun ini dan dapat beroperasi tahun depan.

Selain Waterboom, nantinya juga akan ada sejumlah wahana lain seperti sepeda kayuh maupun listrik hingga mobil-mobilan yang bisa dipakai untuk berkeliling melihat keindahan Pulau Kumala.

"Kami harapkan, dengan penambahan wahana di Pulau Kumala, tingkat kunjungan wisata akan terus meningkat. Dab tentunya dapat menyumbang PAD bagi Kukar." tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top