• Kamis, 16 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) - Ratusan peserta meriahkan lomba Ranking 1 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar. Acara berlangsung di Ruang Serbaguna Disdikbud Kukar pada Senin (29/4/24), dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024.

Kasi Penjaminan Mutu dan Kelembagaan SMP Disdikbud Kukar, Emi Rosana Saleh, menjelaskan bahwa kegiatan Ranking 1 ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan numerasi peserta pendidik dan pelajar dari jenjang SD, SMP, dan SMA. Lomba ini berlangsung selama dua hari, yaitu Senin dan Selasa, di lokasi yang sama.

"Untuk hari ini, peserta dari jenjang SMP mencapai 320 orang, sedangkan untuk SMA, dan besok untuk SD. Total peserta yang mengikuti lomba ini adalah sekitar 600 peserta dari jenjang SD, SMP, dan SMA. Kemarin juga ada lomba pembuatan Google Sites dan lomba menulis," ungkapnya.

Emi juga menyampaikan bahwa kegiatan ini disambut dengan antusiasme oleh para peserta, terlihat dari peningkatan jumlah peserta dari tahun sebelumnya. Namun, ia mencatat perlunya peningkatan minat baca bagi para murid.

"Kami berharap agar guru bisa memperkenalkan program literasi 15 menit sebelum pembelajaran. Kami juga berharap bahwa lomba Ranking 1 ini dapat menjadi motivasi bagi peserta didik di Kukar untuk meningkatkan literasi mereka, sehingga mereka bisa lebih banyak membaca dan meningkatkan numerasi," tambahnya.

Dukungan dari Disdikbud untuk program literasi sangat besar. Tahun ini, pihaknya memberikan lebih dari 1.000 buku kepada setiap SMP di Kukar, serta menyelenggarakan berbagai bimbingan teknis untuk meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah.

"Kami juga telah menyiapkan lebih dari 1.000 buku untuk jenjang SMP, sebagai upaya untuk meningkatkan literasi. Buku-buku yang kami pilih berkualitas tinggi untuk mendukung peningkatan literasi di sekolah," tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top