• Jum'at, 24 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) - Wisata Pantai Tanah Merah Samboja menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar bagi Pemkab Kukar, selama libur lebaran baru-baru ini.

Pantai Tanah Merah, yang merupakan salah satu destinasi wisata yang dikelola oleh Dispar, bersama dengan Pulau Kumala, Waduk Panji, dan Planetarium, telah berhasil meningkatkan pendapatan daerah Kukar.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta, menjelaskan bahwa saat ini Pantai Tanah Merah telah menjadi objek wisata favorit yang memberikan kontribusi terbesar terhadap PAD.

"Pantai Tanah Merah di Samboja telah menjadi penyumbang terbesar untuk PAD Kukar. Selama libur lebaran pada tanggal 11-15 April 2024, PAD yang dihasilkan dari beberapa objek wisata yang dikelola oleh Dispar Kukar mencapai Rp 218.810.000 dengan total 21.392 pengunjung." ungkap Ridha belum lama ini.

Ridha menjelaskan bahwa selain objek wisata yang dikelola oleh pemerintah, objek wisata yang dikelola oleh swasta juga memberikan kontribusi pajak untuk PAD Kukar. Namun, pajak tersebut akan masuk ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kukar.

"Kami sangat berterima kasih kepada pengelola wisata swasta yang turut serta dalam meningkatkan PAD Kukar. Kami juga akan berupaya memfasilitasi pengelola wisata swasta untuk membuat aplikasi pembayaran parkir online, sehingga pendapatannya dapat masuk ke kas daerah,"jelasnya.

Ridha juga menambahkan bahwa saat ini Dispar Kukar berencana untuk melakukan pembenahan dan renovasi fasilitas di sejumlah objek wisata yang dikelola oleh pemerintah. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top