• Kamis, 23 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pelaksanaan Lorong Pasar Ramadhan 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan Badan Pelaksana Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong dari tanggal 12 Maret hingga 9 April sukses dilaksanakan.

Dari kegiatan yang berlangsung selama satu bulan dengan kehadiran puluhan UMKM dan penjual pakaian, berhasil menghasilkan perputaran uang yang fantastis, mencapai Rp 1 miliar. Antusiasme masyarakat yang tinggi dalam berbelanja di pasar ramadhan menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan ini.

Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar, Antoni Kusbiantoro, mengatakan bahwa Lorong Pasar Ramadhan tidak hanya menjadi tempat berkumpul dan berbelanja selama bulan Ramadhan, tetapi juga menjadi wadah untuk meningkatkan aktivitas ekonomi dan pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan.

"Alhamdulillah, seluruh kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses baik lorong pasar ramadhan maupun Ramadhan Fest 2024," ungkap Antoni pada Senin (22/4/24).

Ia menjelaskan bahwa perputaran ekonomi selama satu bulan kunjungan masyarakat cukup signifikan. Rata-rata pengunjung di hari Senin hingga Jumat mencapai 500 orang, sedangkan pada Sabtu dan Minggu meningkat menjadi sekitar 1.000 orang.

"Perputaran uang di lorong ramadhan 2024 berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000 per hari per tenda. Dengan adanya 55 tenda dan kegiatan berlangsung selama 29 hari, total perputaran uang mencapai Rp 1 miliar lebih," tambahnya.

Antoni menyampaikan bahwa kegiatan pasar ramadhan memberikan dampak positif bagi para pedagang. Mereka menyambut baik fasilitas yang disediakan oleh Dispar Kukar, karena memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Parkir di Masjid Agung tidak mengganggu lalu lintas dan lebih tertib.

"Kami berharap minat untuk bazar lorong semakin meningkat dan lebih banyak lagi pedagang yang berpartisipasi, serta variasi kuliner yang lebih beragam. Kami juga berharap untuk adanya lebih banyak lagi event keagamaan, tidak hanya pada bulan Ramadhan tetapi juga di bulan-bulan lainnya," pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top