• Rabu, 17 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Tahun 2024 Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Kukar) fokus pada program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) khusunya bagi para pelaku pariwisata yang ada di kecamatan. Program tersebut melalui pelatihan dan sertifikasi peningkatan keahliam dan ketrampilan.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar Antony Kusbiantoro pada Senin (4/3/24).

Antony mengungkapkan saat ini Dispar akan melaksanakan program pengembangan SDM, di dalamnya ada fasilitasi event. Yang sudah terlaksana seperti di Peristiwa Merah Putih Sangasanga dan Festival Pesisir Samboja. Selain itu akan ada pelatihan dan sertifikasi, yang mengacu pada subsektor ekraf unggulan Kukar. Ada Kuliner, Seni Pertunjukan dan Seni Kriya. Kemudian sektot potensialnya musik, film, fotografi dan animasi.

"Di tahun ini kita melaksanakan workshop, misalnya seperti desain produk, animasi, MUA, musik, kriya, fashion dan fotografi. Jadi fotografi ini yang akan kita lakukan di bulan Juli nanti. Kuotanya sekitar 20 orang." kata Antony.

Kemudian juga ada pelatihan dan sertifikasi. Namun saat ini masih dipersiapkan, karena belum resmi nomenklaturnya, misal sudah berpindah dari Bidang Ekraf ke Bidang Pembinaan Industri Pariwisata jadi belum mengerti apa yang diperlukan.

"Keinginan Bupati itu agar kita tidak terlalu fokus terhadap event, sehingga melupakan SDM. Untuk itu, Kekraf sebagai mitra kami diharapkan bisa membantu kami menyampaikan perlunya apa. Karena kami tahun ini juga memfasilitasi kegiatan ekraf. Jadi ya kami inginnya di kecamatan itu menyampaikan ke kami kebutuhan mereka apa." ungkapnya.

Ia menambahkan, target tahun ini Dispar Kukar memfasilitasi event, kunjungan wisata itu juga terhubung. Khusus bidang pembinaan industri pariwisata menargetkan dengan event ini per tahunnya mencapai 750 ribu pengunjung.

"Kami berharap dengan semakin banyak event yang digelar bisa menarik banyak wisatawan ke Kukar." tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top