• Kamis, 25 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pariwisata segera akan menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Diving bagi pelaku usaha wisata tingkat lanjutan pada tahun ini. Langkah ini diambil dalam upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat lokal, khususnya di wilayah Muara Badak dan Marangkayu.

Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadiraharjo, melalui Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata, Ridha Fatrianta, menjelaskan bahwa pada tahun sebelumnya telah dilakukan pelatihan pengenalan dasar.

"Pada tahun ini (2024-red), mereka akan memfasilitasi sertifikasi Pemandu Wisata Diving, dengan target puluhan orang yang akan ikut." jelas Ridha (21/2/24).

Menurut Ridha, sertifikasi ini penting karena menyangkut keamanan dan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung. Pemandu wisata yang berpengalaman dan memiliki jiwa pembimbing yang baik akan memberikan kesan positif kepada wisatawan, sehingga mereka akan merasa puas dan berpotensi untuk kembali lagi berwisata.

Ridha menegaskan bahwa sertifikasi ini akan meningkatkan kemampuan pemandu wisata dalam menyelam, sehingga mereka dapat menjadi pemandu wisata yang berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi. Terutama di daerah Marangkayu dan Muara Badak yang masih memiliki terumbu karang yang indah dan terjaga.

"Dengan demikian, kami berharap bahwa melalui sertifikasi ini, para pemandu wisata diving akan dapat meningkatkan kualitas layanan mereka, serta memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan pariwisata di daerah tersebut." pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top