• Rabu, 17 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Asisten I Setkab Kutai Kartanegara (Kukar) Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ahmad Taufik Hidayat, secara resmi membuka acara Binlat Casis Tahun 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kukar pada Selasa, (20/2/24), di Ruang Aula Serbaguna Dispora Kukar.

Binlat Casis ini berlangsung mulai tanggal 20 hingga 29 Februari 2024 dan diikuti oleh 265 peserta.

Ahmad Taufik Hidayat mengatakan bahwa Binlat Casis TNI-Polri menjadi pintu masuk awal bagi adik-adik siswa/mahasiswa yang berminat berkarir di instansi TNI-Polri, melalui jalur Tamtama dan Bintara untuk menjadi Taruna/Taruni di Akademi Militer (AKMIL) dan Akademi Kepolisian (AKPOL).

"Kami memberikan apresiasi kepada seluruh instansi TNI-Polri yang terlibat dalam penyelenggaraan Binlat Casis TNI-Polri Tahun 2024, dengan harapan adanya bimbingan dan arahan kepada seluruh peserta mulai dari proses pendaftaran hingga penerimaan sebagai calon siswa TNI-Polri." kata Taufik Selasa (20/2/24).

Taufik juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini, termasuk Dandim TNI AD 0906/Kukar, Danlanal TNI AL Balikpapan, Danlanud TNI AU Balikpapan, Kapolres Kukar, dan Kepala Dispora Kabupaten Kukar beserta seluruh jajarannya.

Taufik menekankan pentingnya tekad dan ketekunan peserta dalam mengikuti Binlat Casis ini sebagai pengorbanan atas dasar cinta pada institusi TNI-Polri.

"Kami berharap agar semua peserta mampu menyelesaikan kegiatan ini dengan sukses, khususnya dalam persiapan menuju penerimaan siswa TNI-Polri di masa depan." tutupnya.

DIIKUTI 265 PESERTA

Binlat Casis TNI Polri untuk tahun 2024, terdapat tambahan peserta dari TNI Angkatan Laut dan Angkatan Udara, total peserta yang mengikuti mencapai 265 orang. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 20 hingga 29 Februari 2024.

Kabid Pembinaan dan Pemberdayaan Dispora Kukar, Sigit Imam, menjelaskan bahwa Binlat ini telah dilakukan sosialisasi pada bulan Oktober dan November tahun 2023, berhasil menarik 697 peserta. Setelah melalui verifikasi ulang sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan, terpilihlah 265 peserta yang akan mengikuti Binlat TNI-POLRI tahun 2024.

"Peserta Binlat tidak hanya berasal dari siswa/siswi SMA, tetapi juga dari kalangan mahasiswa atau mereka yang telah lulus sekolah dengan batas usia antara 17 tahun 9 bulan hingga 22 tahun. Adapun pembagian peserta Binlat meliputi TNI-AD sebanyak 74 peserta, TNI-AU 6 peserta, TNI-AL 7 peserta, dan POLRI 178 peserta." kata Sigit (20/2/24).

Sigit menjelaskan tahapan Binlat dimulai dengan pemeriksaan administrasi pada tanggal 20 Februari 2024 di Dispora, dilanjutkan dengan tes akademi dan psikologi pada tanggal 21-25 Februari di ruang laboratorium SMP Negeri 1 Tenggarong. Tes kesehatan direncanakan dilaksanakan pada tanggal 26-27 di Dispora dan tes kesehatan jasmani pada tanggal 28-29 di Stadion Aji Imbut.

"Dispora juga menyelenggarakan pelatihan untuk mempersiapkan peserta menghadapi Binlat. Kami berharap agar peserta Binlat, yang berjumlah sekitar 265 orang, dapat berhasil. Bagi peserta yang tidak lolos tes TNI-POLRI, mereka akan dipanggil kembali untuk menjalani pelatihan garda Pratama, yang merupakan konsep dari bapak bupati, untuk kemudian bertugas sebagai satpam secara bertahap." tutupnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekertaris Dispora Kukar Syafliansah, Lettu ADM Aby Putra Gemilang S.ikom (Angkatan Udara Lanud Domber Balikpapan), AKBP Alam Kusuma S.Irawan SH.S.Ik MH, Kabag Dalpres Biro SDM Polda Kaltim (Kapolda Kaltim) Serka Ariansyah (Kodim 0906 KKR), Mayor Andi Zulqoyyim (Lanal TNI AL Balikpapan), Kapten Siregar (KOREM Samarinda), Kompol Suparno Kabag. SDM (Polres Kukar). (adv/dri)

Pasang Iklan
Top