• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kabid Pemasaran Pariwisata, Triyatma

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pariwisata (Dispar) menggandeng Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Kukar akan kembali menggelar pendaftaran pemilihan Taruna Dara atau Duta Wisata pada April - Mei tahun 2024. Duta Wisata diharapkan membantu Dispar Kukar memperkenalkan pariwisata di daerah kaya sumber daya alam ini.

Kepala Dispar Kukar, H Slamet Hadiraharjo, melalui Kabid Pemasaran Pariwisata, Triyatma, menjelaskan bahwa seperti biasa kalau pemilihan turunan dara itu, Dispar Kukar melibatkan seluruh wilayah yang ada di Kukar.

"Kami bekerjasama dengan Adwindo memberi tahu ke Kecamatan atau ke sekolah-sekolah yang ada di Kukar untuk menginformasikan terkait dengan pelaksanaan pemilihan turunan dara itu," kata Triyatma kepada KutaiRaya.com Jum'at (16/2/24).

Triyatma menyebutkan secara teknis pendaftaran pemilihan Duta Wisata akan dibuka pada Mei atau Juni 2024. Ada sebanyak 12 pasang Duta Wisata dan Teruna Dara akan dipilih. Meskipun tidak ada batasan kuota pendaftaran, seleksi akan dilakukan hingga grand final sesuai kriteria yang dibutuhkan.

"Kami mengharapkan partisipasi dari setiap Kecamatan untuk mengirimkan wakil mereka dalam seleksi Duta Wisata," jelasnya.

Menurutnya, pemilihan Duta Wisata dan Teruna Dara ini penting dilakukan karena memiliki tugas untuk mempromosikan pesona budaya, alam, hingga Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang ada di Kukar. Mereka ini merupakan mitra pariwisata yang memiliki tugas selama 1 tahun, sangat dibutuhkan karena di Kukar memiliki potensi pariwisata yang luar biasa.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Adwindo Kukar, yang telah berupaya mempromosikan sektor pariwisata selama ini. Harapannya sektor pariwisata di Kukar agar lebih berkembang dan maju, sehingga dapat mewujudkan masyarakat sejahtera," ungkapnya.

Ditambahkan Triyatma, pemilihan ini juga dalam mempersiapkan pemilihan Duta Wisata Provinsi Kaltim nanti akan dilaksanakan di bulan Oktober 2024 mendatang. Jadi pemilihan turunan dara di Kukar terlebih dahulu, baru dilakukan pemilihan di provinsi Kaltim. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top