• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Maksimalkan Potensi Ekonomi Kreatif, Dispar Kukar Akan Bentuk 8 Kekraf

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar telah membentuk 12 Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) yang tersebar di beberapa kecamatan hingga saat ini. Tahun ini (2024-red), Dispar akan membentuk 8 Kekraf. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan potensi ekonomi kreatif di masing-masing kecamatan.

Kepala Dispar Kukar, H Slamet Hadiraharjo, melalui Kabid Ekonomi Kreatif, David Haka, menjelaskan bahwa, Kekraf merupakan mitra kerja Dispar Kukar yang memiliki program-program kerja terkait pengembangan ekonomi kreatif. Pembentukan Kekraf di kecamatan telah dimulai sejak tahun 2022.

"8 Kekraf yang akan dibentuk termasuk Kekraf di Kecamatan Muara Muntai, Muara Wis, Kenohan, Kota Bangun Darat, Tabang, dan lainnya. Pembentukan Kekraf dilakukan di seluruh kecamatan di Kukar, dan saat ini baru 12 Kekraf yang terbentuk. Tahun ini harus selesai," sebut David Rabu (7/2/24).

David menjelaskan bahwa Kekraf memberikan wadah bagi pelaku ekonomi kreatif dari tingkat kabupaten hingga kecamatan. Pelaku ekonomi kreatif di Kukar sangat beragam, dan setiap daerah memiliki potensi yang berbeda.

David menyebut, jenis ekonomi kreatif diantaranya pelaku seni pertunjukan, industri, dan UMKM. Peran pemerintah daerah adalah untuk memfasilitasi dan membuat regulasi. Pelaku ekonomi kreatif bisa berjalan tanpa campur tangan pemerintah, namun kami hadir untuk memfasilitasi kebutuhan mereka dan membuat regulasi agar ekonomi kreatif dapat berkembang,

"Kami berharap bahwa dengan dukungan pemerintah daerah, para pelaku ekonomi kreatif akan terus berkembang dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Kami terus mendukung pelaku ekonomi kreatif untuk meningkatkan perekonomian dan mewujudkan masyarakat yang sejahtera," tambahnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top