• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pantai Biru Kecamatan Marangkayu

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Wisata Pantai Biru Kersik Terus Berbenah
TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Wisata Pantai Biru yang terletak di Desa Kersik, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus mengalami pembaharuan guna meningkatkan kunjungan wisatawan, baik dari dalam maupun luar daerah.

Kepala Desa Kersik, Jumadi, menjelaskan bahwa pembenahan ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik Pantai Biru. Beberapa sarana dan prasarana telah diperbarui, termasuk pembangunan gazebo, tempat duduk, dan penyediaan wifi gratis.

"Pantai ini menawarkan pesona deburan ombak yang tenang, pasir yang bersih, dan deretan pondok serta warung di sepanjang pantai yang siap menyambut pengunjung," ujarnya.

Pemerintah desa, bersama Dinas Pariwisata Kukar, turut serta dalam pengembangan Pantai Biru, termasuk penyediaan wahana banana boats. Selain itu, pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pembangunan infrastruktur lainnya juga dilakukan.

Meskipun Pantai Biru memiliki potensi yang besar dengan luas pantai sepanjang 2 kilometer, baru sekitar 300 meter yang dimanfaatkan sebagai objek pariwisata. Fokus pembangunan selanjutnya adalah pada infrastruktur, penanganan abrasi, pengelolaan tempat, dan pengembangan UMKM lokal.

Desa Kersik berencana untuk mengembangkan potensi wisata selam di Pantai Biru dengan kerjasama bersama Universitas Mulawarman (Unmul), serta melestarikan batu karang di sekitar laut Marangkayu.

"Kami berharap mendapatkan dukungan lebih lanjut dari pemerintah kabupaten dan pihak swasta untuk mengoptimalkan pengembangan Pantai Biru sebagai destinasi wisata yang berkelanjutan," pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top