• Kamis, 29 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Bimtek pemasaran produk UMKM yang diselenggarakan Disperindag Kukar


TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sebanyak 23 peserta mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pemasaran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kemitraan yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar.

Kegiatan tersebut diadakan di Hotel Grand Fatma Tenggarong dan dibuka oleh Kepala Disperindag Kukar Arfan Bima Pratama, Jumat, 24 November 2023

Arfan Boma mengatakan bahwa Bimtek ini bertujuan agar para pelaku usaha UMKM dapat memasarkan produk melalui kemitraan dengan retail, marketplace, perhotelan, dan jasa akomodasi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemberdayaan usaha produktif dan ekonomi masyarakat setempat.

"Peserta yang mengikuti berasal dari berbagai kecamatan seperti dari Kecamatan Tenggarong, Kota Bangun Darat, Kembang Janggut, Tenggarong Seberang, Kota Bangun, dan Muara Kaman."sebutnya.

Dalam Bimtek ini menghadirkan narasumber dari berbagai instansi, seperti UPTD Pelatihan Koperasi Disperindag Provinsi Kalimantan Timur, Bagian Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Kabupaten Kukar, dan PT. Shopee International Regional Kalimantan. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai pemasaran produk melalui berbagai platform.

Arfan Boma mengungkapkan bahwa Bimtek ini tidak hanya membantu pelaku UMKM memasarkan produknya di marketplace, tetapi juga dapat menjadi motivasi bagi pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk dan kemasan.

"Dengan adanya persyaratan khusus untuk memajang produk di marketplace, diharapkan para pelaku UMKM termotivasi untuk memenuhi standar tersebut."ujarnta,

Disperindag terus memberikan dukungan dan bimbingan kepada UMKM, termasuk dalam hal perijinan, sertifikasi halal, dan peningkatan kualitas produk.

"Harapannya, melalui pelatihan ini, UMKM dapat memiliki kemampuan dan sertifikasi yang memungkinkan mereka bersaing di pasar global, terutama melalui platform online."tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top