• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memfasilitasi pendampingan bagi 96 guru SMP dalam persiapan Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ). Kegiatan ini diadakan dari 21 hingga 23 November 2023 di Hotel Grand Fatma Tenggarong.

Bahruddin, Sub Koordinator Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan SMP Disdikbud Kukar, mengatakan, pendampingan ini merupakan langkah untuk memudahkan calon peserta UKKJ guru SMP dalam mengukur kompetensi teknis manajerial dan sosial kultural.

Peserta pendampingan berasal dari 20 kecamatan di Kukar, dengan narasumber berasal dari Dinas Pendidikan Kota Samarinda serta pengawas sekolah di lingkungan Disdikbud Kukar

"Proses ini menjadi penentu kelayakan guru untuk naik ke jenjang jabatan fungsional yang lebih tinggi."ujarnya.

Bahruddin menjelaskan bahwa uji kompetensi saat ini menjadi persyaratan penting untuk kenaikan jabatan fungsional.

Terdapat tiga jenjang jabatan fungsional: muda, madya, dan utama. Dengan adanya uji kompetensi, guru harus lulus untuk dapat naik ke jenjang berikutnya.

"Kami berharap agar pemahaman yang didapat peserta dari pendampingan ini dapat membantu mereka lulus dalam uji kompetensi dan mencegah penundaan kenaikan jabatan karena ketidaklulusan uji kompetensi." pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top