• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) menyelenggarakan Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah SMP di Hotel Grand Fatma Tenggarong, Sabtu (18/11/23).
Acara ini diikuti oleh 45 peserta, terdiri dari 36 Kepala Sekolah dan 9 Guru Pengawas SMP, mewakili 20 Kecamatan di Kukar.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai 18 - 20 November 2023 tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdikbud Kukar, Joko Sampurno.

Joko Sampurno, menjelaskan bahwa UKKJ ini merupakan proses pengukuhan dan penilaian kompetensi teknis manajerial dan sosial budaya bagi mereka yang ingin naik ke jenjang yang lebih tinggi.

"Uji kompetensi merupakan angkatan ketiga dan kami harapkan dapat membantu guru dan kepala sekolah dalam proses kenaikan pangkat atau jenjang karir." ujar Joko.

Lanjut Joko, guru yang mengikuti uji kompetensi kenaikan jenjang ini dimulai dari muda, kemudian naik tingkat madya, dan setelah itu mengikuti ke jenjang kompetensi utama.

Sementara manajerial pengawas penting, karena pengawas dianggap orang yang mempunyai kelebihan dari kepala sekolah dan guru. Tanggung jawab pembinaannya atau kemitraannya di lapangan.

"Harapannya yang pertama proses kenaikan pangkat bagi guru lancar, dan untuk pengawas lebih melakukan pembinaan terhadap sekolah-sekolah yang menjadi sasaran binanya. Sehingga tak menimbulkan permasalahan khususnya di bidang managerial dan akademik di sekolah tersebut." tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top