• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala Bidang Perindustrian Arbain)


TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Untuk mendorong keterampilan masyarakat dan meningkatkan ekonomi masyarakat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartanegara memberikan pelatihan sulam tumpar untuk warga di Kecamatan Tenggarong dan Kenohan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Perindustrian Arbain, Kamis (16/11/23).

"Tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan masyarakat di bidang kerajinan tangan serta menggali potensi-potensi yang ada, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat."katanya.

Arbain menjelaskan pelatihan ini menyasar pada pelaku usaha industri rumahan. "Pelatihan sulam tumpar kita laksanakan di Kecamatan Kenohan, Kecamatan Tenggarong dan Kecamatan Tenggarong Seberang." ujarnya.

Ia mengungkapkan pelatihan sulam tumpar ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya. Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan kreativitas dalam mengembangkan seni sulam tumpar yang kaya akan nilai-nilai estetika, filosofi, dan identitas, serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kukar.

"Setelah selesai pelatihan sulam tumpar, kita akan agendakan pelatihan lain di kecamatan lain di Kukar," katanya. (Dri/Adv)

Pasang Iklan
Top