• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sebanyak 89 Calon Pendaftar Guru Penggerak dan Pengajar Praktik SMP di Kukar mengikuti pembekalan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar. Kegiatan berlansung dari tanggal 14 - 16 November 2023 di Hotel Grand Fatma Tenggarong.

Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Aprilian Noor, melalui Sub Kor Pembinaan GTK SMP Disdikbud Kukar Bahruddin mengatakan bahwa tujuan dari pembekalan ini supaya peserta itu memahami bagaimana mendapatkan sebuah pekerjaan. Sehingga pada saat mereka mendaftar, mereka tidak kesulitan lagi,

"Karena kita di Kukar masih kekurangan Kepala Sekolah yang bersertifikasi guru penggerak. Kita lakukan pembekalan ini, dan kita mau mengangkat pengawas, Kepala Sekolah harus dari guru penggerak." jelasnya.

Adapun dalam kegiatan pembekalan ini pesertanya ada sebanyak 89 orang yang berasal drai 18 kecamatan. Sementara untuk materi yang disampaikan pertama pengertian dari guru penggerak itu apa, fungsi guru penggerak, dan bagaimana mereka bisa memahami cara mendaftar guru penggerak.

"Karna saat ini untuk lulus jadu guru penggerak itu sulit, maka dari itu kita adakan pembekalan. Sehingga mereka pada saat tes nanti sudah punya bekal." ungkapnya.

Menurutnya, kecamatan-kecamatan masih kekurangan guru penggerak. Dari SMP jumlah sekolahnya sebanyak 113, saat ini guru yang akan pensiun sekitar 20 orang, untuk itu harus dipersiapkan guna memenuhi kekurangan tersebut. Dan hadirnya guru penggerak adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah dan mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada murid.

"Harapan kita supaya temen-teman yang ikut pembekalan ini bisa lulus, ketika lulus kami bisa menggunakan tenaga teman-teman ini nantinya untuk mengisi kekosongan Kepala Sekolah. Sehingga nanti temen-temen jika sudah lulus bisa ditempatkan di masing masing kecamatannya." tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top