• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri 010 Muara Jawa)


TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sekolah Dasar (SD) Negeri 010 Muara Jawa di Kecamatan Muara Jawa, Kutai Kartanegara, telah ditetapkan sebagai sekolah percontohan dengan menerapkan Kurikulum Merdeka di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala Sekolah, Arlianor, menyatakan bahwa Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) langsung menunjuk SD 010 sebagai sekolah percontohan untuk Kecamatan Muara Jawa terkait dengan penerapan kurikulum merdeka di IKN.

Arlianor menjelaskan bahwa untuk mempersiapkan status sekolah percontohan, mereka perlu melengkapi administrasi dan infrastruktur sekolah.

"SD 010 sudah menerapkan kurikulum merdeka selama dua tahun, yaitu kelas 1 dan kelas 4 pada tahun 2022, dan kelas 2 dan kelas 5 pada tahun 2023. Gurunya sudah memiliki kemampuan dalam melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tanpa kendala," ujarnya.

Ia berharap dengan ditetapkan SD 010 sebagai sekolah percontohan, agar semua instansi yang ada di kecamatan, kelurahan serta Disdikbud Kukar bisa membantu kami dengan kerjasama.


Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara, Thauhid Aprilian Noor, menyambut baik penunjukan SD 010 sebagai pilot project di wilayah Otorita IKN.

Ia berharap bahwa sekolah ini dapat menjadi contoh baik untuk sekolah lain yang ingin menerapkan kurikulum merdeka. Disdikbud Kukar juga sedang mendalami konsep sekolah percontohan tersebut untuk memahami implementasinya.

"Jadi sekali lagi sekolah percontohan itu harapan saya kepada sekolah-sekolah yang lain belajarlah ke situ. Lihat di sekolah percontohan ini seperti apa, dituruti manajemennya dan kami juga akan secara teknis akan belajar sekolah percontohan itu seperti apa," tutupnya. (Dri/Adv)

Pasang Iklan
Top