• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) menyelenggarakan Pembekalan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan SMP untuk 108 guru SMP di Kukar. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Grand Fatma Tenggarong pada tanggal 10-12 November 2023.

Program PPG dalam jabatan ini dirancang untuk mempersiapkan lulusan S1 kependidikan dan S1 atau D4 non kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru. Tujuannya adalah agar mereka menguasai kompetensi guru sesuai standar pendidikan dan mampu menjawab permasalahan pendidikan, sertifikasi, dan kualifikasi di bawah standar guru yang berkompeten.

Thauhid Aprilian Noor, Kepala Disdikbud Kukar, mengatakan bahwa PPG dalam jabatan ini dilakukan secara sistematis dengan menerapkan prinsip mutu dari seleksi, proses pembelajaran, penilaian, hingga uji kompetensi. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan guru-guru masa depan yang profesional.

"Kegiatan ini merupakan pendampingan untuk PNS yang belum memiliki sertifikasi." ungkap Tahuhid usai membuka Pembekalan PPG Dalam Jabatan SMP Jum'at (10/11/23).

Thauhid mengungkapkan bahwa mereka memberikan pre-test dan post-test serta pembekalan kepada guru-guru ini. Dengan adanya pendampingan seperti ini, diharapkan para guru dapat lebih siap menghadapi ujian sertifikasi.

To'i sapaan akrab Thuhid tersebut menjelaskan bahwa PPG ini memberikan kesempatan kepada guru yang belum memiliki sertifikasi untuk mempersiapkan diri dengan baik. Lulus dari PPG akan memberikan mereka sertifikasi, yang ditentukan oleh pusat, yakni Kementerian Pendidikan.

"Saya berharap agar para guru yang mengikuti pembekalan ini dapat lebih siap menghadapi ujian sertifikasi dan meraih hasil yang baik." pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top