• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kukar, Hamly)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kutai Kartanegara, Hamly mengatakan, beberapa bulan belakangan ini, puluhan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) telah ditampung oleh Dinsos Kukar. Masuknya orang dalam gangguan jiwa tersebut berdasarkan laporan masyarakat dan yang berkeliaran di jalan.

Untuk itu, Dinsos Kukar menyediakan penampungan sementara bagi Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ). Lokasinya berada di area Kompleks Panti Sosial Asuhan Anak Tenggarong.

"ODGJ akan mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Jiwa dan dikirim ke Dinsos Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim), lantaran daerah hanya memiliki kewenangan menampung maksimal 14 hari. ODGJ yang keluar masuk itu fluktuasi, paling banyak 10 orang," terang Hamly belum lama ini.

Ia mengungkapkan, proses perawatan di Rumah Sakit Jiwa tidak hanya mencakup stabilisasi kondisi kejiwaan, tetapi juga melibatkan pencarian informasi mengenai keberadaan keluarga ODGJ tersebut.

"Saat kondisi ODGJ tidak stabil, melakukan interaksi dan menggali informasi menjadi tantangan tersendiri," imbuhnya.

Ia menambahkan, meski seringkali mendapatkan respons yang tidak konsisten, tim terus berupaya melakukan berbagai cara wawancara, dengan harapan bisa menggali informasi seperti nama kampung, kelurahan, atau kecamatan yang bisa membantu menemukan keluarga mereka.

"Kebanyakan keluarga ODGJ berada di luar Kukar sehingga kami komunikasi dengan Dinsos di sana untuk memastikan kebenarannya dan mengembalikan kepada keluarganya, namun ada juga beberapa kasus ODGJ yang hingga saat ini masih belum diketahui asal-usulnya. Jika dalam beberapa tahun ke depan tak ada informasi atau klaim keluarga, rencana selanjutnya adalah menempatkan mereka di Balai ODGJ yang berada di Banjarmasin atau Temanggung," ungkapnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top