• Jum'at, 01 Maret 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Menjelang hari Natal dan Tahun Baru, harga cabai di Tenggarong merangkak naik. Komoditas cabai menjadi salah satu kebutuhan yang selalu dicari oleh masyarakat sebagai pelengkap masakan.

Salah satu pedagang di Pasar Mangkurawang Sumarti mengaku bahwa menjelang hari besar Nataru beberapa harga bahan kebutuahan seperti cabe dan sayur mengalami kenaikan. Hal ini dikarenakan kebanyakan bahan kebutuhan banyak yang disuplai dari luar daerah dan proses pengiriman mempengaruhi kenaikan harga tersebut.

"Untuk harga yang mengalami kenaikan seperti cabe rawit Rp 65.000 per kg sebelumnya sekitar Rp 45.000, kemudian cabe keriting Rp 65.000 per kg yang sebelumnya Rp 55.000 per kg." kata Sumarti saat dikonfirmasi Jum'at (3/11/23).

Kemudian beberapa sayur juga mulai naik harganya seperti sayur koll. Dan diprediksi mendekati tahun baru bahan kebutuhan akan naik. Karena permintaan masyarakat terus meningkat.

Sementara Sekretaris Disperindag Kukar Sayid Fathullah mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga dan habisnya stok sembako Disperindag menurunkan tim. Tim tersebut diperuntukkan untuk memonitor perkembangan harga dan stok pangan secara riil di lapangan.

"Termasuk ketersediaan sembako terus kami monitor secara intens. Kalaupun ada kenaikan harga bersifat sementara. Kami pastikan ketersediaan barang kebutuhan masih aman, termasuk daya beli masyarakat di Kukar," ujar Fathullah, Jum'at (3/11/23).

Ia mengungkapkan, sampai saat ini belum ada keluhan yang signifikan terhadap ketiadaan Bapokting. Kenaikan barang kebutuhan pokok di Kukar dipengaruhi dua faktor, yakni masa panen dan cuaca ekstrem.

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, Disperindag Kukar pun telah menjalin kerjasama dengan Badan Usaha Logistik (Bulog) untuk menggelar pasar murah di setiap kecamatan di Kukar." ungkapnya.

Untuk diketahui harga bahan pokok per Jum'at (3/11/23) antara lain Beras Rp. 14.250 /Kg, Gula Pasir Rp. 15.500/Kg, Daging Ayam Rp. 33.000/kg, Daging Sapi Rp. 152.500/Kg, Telur Ayam Rp. 30.000/kg, Bawang Merah Rp. 18.000/Kg, Bawang Putih Rp. 32.000/kg, Cabai Merah Rp. 50.000 /Kg, Cabai Rawit Rp. 65.000/kg, Minyak Goreng Rp. 16.800 /Kg. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top