• Jum'at, 14 Juni 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kabid Perindustrian, Arbain

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartanegara (Kukar) berencana untuk membangun pabrik pakan ikan di Kecamatan Loa Kulu.

Rencana ini bakal direalisasikan pada tahun 2024, dengan harapan dapat mengatasi masalah tingginya harga pakan ikan di pasar.

Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma Pratama, melalui Kabid Perindustrian, Arbain, mengungkapkan bahwa pabrik pakan ternak ini akan dibangun pada tahun 2024, dan persiapan awal telah dimulai, termasuk persiapan lahan seluas 2 hektar.

Arbain menjelaskan bahwa koordinasi telah dilakukan dengan Kecamatan Loa Kulu, yang telah menyediakan lahan untuk pembangunan pabrik. Saat ini, progresnya adalah serah terima lahan tersebut ke Disperindag Kukar. Tahapan selanjutnya akan melibatkan pengkajian yang akan dilakukan oleh Badan Riset Daerah (BRIDA) Kukar dengan melibatkan akademisi.

"Pengkajian akan dilakukan oleh BRIDA, tim ahli penelitian, dan melibatkan akademisi. Hasil pengkajian ini akan menentukan spesifikasi pembangunan pabrik pakan ternak, termasuk kelayakan dan estimasi biaya pembangunan," ujar Arbain.

Tujuan dari pembangunan pabrik ini adalah untuk mengatasi masalah tingginya harga pakan ikan, yang memberatkan para petani.

"Kami berharap dengan adanya pabrik ini, harga pakan ikan dapat ditekan, dan proyek ini diharapkan dapat terealisasi pada tahun 2024 mendatang." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top