• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) - Festival Tunas Bahasa Ibu tahun 2023 semarak dengan partisipasi ratusan peserta dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar, yang berlangsung di SMP N 1 Tenggarong mulai 1 - 2 November 2023.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kukar, Puji Utomo, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mempromosikan bahasa ibu, khususnya bahasa Kutai, agar lebih dikenal oleh anak-anak. Dengan begitu, mereka dapat mengingat dan menggunakan bahasa ibu mereka, mengingat dampak media sosial yang semakin dominan dalam kehidupan mereka.

"Kami harapkan kegiatan ini dapat memupuk cinta dan rasa bangga terhadap bahasa ibu mereka. Kami juga berharap bahwa bahasa Kutai dapat diteruskan kepada siswa SD dan SMP, dan bahkan telah diintegrasikan ke dalam kurikulum di sekolah-sekolah." ungkapnya.

Sementara Koordinator acara, Ismi Nuraina, mengungkapkan bahwa antusiasme peserta meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah peserta di setiap cabang lomba jauh lebih banyak, dengan total sekitar 368 peserta dari SD dan SMP di seluruh Kukar.

"Terdapat 7 mata lomba dalam kegiatan ini, termasuk mendongeng, menyanyikan lagu Kutai, puisi dalam bahasa Kutai untuk peserta SD, serta tarsul, berpidato dalam bahasa Kutai, stand-up komedi, dan menulis cerpen untuk peserta SMP." sebutnya.

Kemudian lomba ini diadakan secara serentak di 7 ruangan. Pemenang akan diumumkan, tetapi juara 1, 2, dan 3 tidak akan diungkapkan untuk memberi mereka kesempatan untuk bersaing di panggung utama. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top