• Minggu, 23 Juni 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar Slamet Hadiraharjo)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara Slamet Hadiraharjo mengatakan, pihaknya mendukung Desa yang ingin mengembangkan potensi wisata yang ada di wilayahnya.

Menurutnya, saat ini asa sejumlah Desa di Kukar kembangkan potensi pariwisata di wilayahnya, seperti Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu bakal mengembangkan dua objek wisata alam dan agrowisata, kemudian Desa Kayu Batu Kecamatan Muara Muntai yang bakal mengembangkan objek wisata Pulau Pasir Putih dan Desa lainnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga bakal mendampingi Desa yang ingin mengusulkan menjadi Desa Wisata atau Desa Budaya.

"Pertama inisiasi dari Desa dulu, karena yang tau potensi wisatanya ada di pemerintahan Desa, apakah nanti pengusulan Desa Wisata atau Desa Budaya, baru nanti kita membina atau memfasilitasi," sebutnya.

Untuk hal ini lanjut Slamet, pihaknya akan bantu evaluasi, kemudian kita bantu penuhi kriterianya seperti apa, termasuk perijinan.

"Untuk perijinan kita rutin berikan sosialisasi, kami akan membantu pendampingan pengurusan perijinan," imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk pariwisata itu bukan otomatis pengelolanya langsung lapor ke Dinas Pariwisata, mereka mengurus ijinnya terlebih dahulu sendiri di PTSP, kemudian untuk pengurusan lingkungannya di DLHK, kalau sudah ada ijinnya baru mereka komunikasi dengan kami.

"Agar nanti kontribusi ke pemerintah Daerah lewat tiket masuk kita akan korporasi di tandai dan itu bagian dari target retribusi PAD lewat Bapenda. Itulah mitra-mitra pariwisata yang memberikan kontribusi kepada pemerintah Daerah melalui retribusi, baik itu parkirnya maupun tiket masuknya," tandasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top