• Kamis, 22 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





SAMARINDA (KutaiRaya.com) - Guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bidang pariwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar pelatihan, diperuntukkan untuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis), pengelola desa wisata, dan pelaku usaha di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pelatihan tersebut berlangsung mulai 29 sampai 31 Oktober 2023 di Hotel Ibis Samarinda.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Dinas Pariwisata Kukar, H. Slamet Hadiraharjo, juga dihadiri Sekretaris Dispar Sugiarto, serta jajaran Dispar Kukar dan para peserta pelatihan.

Slamet Hadiraharjo mengatakan, dengan adanya pelatihan peningkatan SDM bidang pariwisata ini, diharapkan bisa menambah wawasan maupun pengetahuan agar sektor yang berkaitan dengan pariwisata bisa dikelola dengan lebih baik lagi kedepannya.

"Pelatihan ini untuk meningkatkan SDM pelaku pariwisata, pesertanya ada dari Kades, BUMDes, Pokdarwis yang aktif, dan perwakilan perusahaan disekitar destinasi wisata," ujarnya.

Ia mengaku, tujuan dilaksanakan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan pariwisata sehingga bisa berinovasi mempunyai kreativitas untuk mengembangkan tempat wisatanya.

"Untuk kegiatannya juga ada narasumber salah satunya dari Dinas Pariwisata Kukar, kemudian dari Pemdes. Intinya disitu kan juga ada BUMDES kemudian Pemdes, jadi bagaimana pengelolaan destinasi bisa dengan anggaran DD maupun ADD," Sebutnya.

Kemudian lanjutnya, kegiatan ini juga bagaimana mengelola destinasi lewat sosial media dan lainnya, harapannya untuk mempromosikan wisatanya sehingga kompetensi pengelolaan pariwisata meningkat.

"Kemudian juga bisa berinovasi mengelola, sehingga bisa dikenal kemudian ada peningkatan pengunjung," tandasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top