• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar, Muhammad Ridha Fatrianta)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar, Muhammad Ridha Fatrianta memastikan, sejumlah objek wisata yang dikelola Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar mampu berkontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kukar.

Untuk itu, pihaknya akan terua meningkatkan PAD dari sektor wisata, salah satunya melakukan pembenahan dan renovasi pada sejumlah tempat wisata.

"Dengan menggunakan APBD-P 2023, fasilitas sejumlah objek wisata akan diperbaiki," ujar Muhammad Ridha Fatrianta.

Ia menjelaskan, saat ini ada sekitar lima objek wisata, yang dikelola langsung oleh Dispar Kukar, yakni Pulau Kumala, Kolam Pemancingan, Pantai Tanah Merah termasuk Planetarium.

"Untuk wisata Tanah Merah masih menjadi objek wisata yang paling banyak berkontribusi bagi PAD Kukar, " terangnya.

Kedepan lanjutnya, pihaknya juga akan coba fasilitasi beberapa lokasi wisata yang dikelola oleh swasta dengan membuat aplikasi pembayaran parkir, agar masuk di kas daerah.

"Selain destinasi wisata yang dikelola secara langsung oleh Dispar, dirinya juga menyebutkan objek wisata yang dikelola oleh swasta juga berkontribusi bagi PAD Kukar. Hanya saja PAD objek wisata yang dikelola oleh swasta masuk ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kukar," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top