• Jum'at, 14 Juni 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Gedung Planetarium Jagat Raya Tenggarong)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara Slamet Hadiraharjo memastikan, Planetarium Jagat Raya Tenggarong bakal dioperasikan lagi, namun terlebih dahulu dilakukan perbaikan sarana dan prasarana yang ada di obyek wisata kebanggaan Kukar tersebut.

"Kedepan Planetarium Jagat Raya akan kita operasikan lagi, tentunya terlebih dahulu dilakukan perbaikan sarana dan prasarananya," ujar Slamet.

Ia mengatakan, dioperasikannya kembali Planetarium Jagat Raya Tenggarong ini tentunya juga untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) Kukar.

"Saat ini setelah sekian lama tidak beroperasi lantaran terdapat sejumlah sarana penunjang yang rusak dan perlu ada perbaikan serta pergantian peralatan, terutama pada Lensa Kamera Planetarium. Untuk pergantian dan pembelian peralatan Lensa Kamera Planetarium tersebut, sudah terangarkan dalam APBD Perubahan 2023. Segera setelah peralatannya ada dan terpasang, maka Planetarium akan dioperasikan kembali," bebernya.

Ia menambahkan, kedepan pihaknya juga akan menata ulang kawasan sekitar obyek wisata Planetarium. Dimana nantinya akan diberikan ruang bagi pelaku Ekonomi Kreatif, baik dalam bentuk pertunjukan seni hingga melibatkan pelaku UMKM.

"Konsep tersebut diterapkan, untuk memikat daya tarik wisatawan berkunjung ke Planetarium. Semoga kedepan kunjungan wisatawan ke Kukar bisa lebih maksimal," tuturnya.

Untuk diketahui, sejak dibangun tahun 2000 dan resmi di buka tahun 2002 lalu, keberadaan Planetarium Jagat Raya Tenggarong merupakan Planetarium ke tiga yang ada di Indonesia, setelah Planetarium Jakarta dan Planetarium Surabaya. Tentu keberadaan Planetarium tersebut menjadi ikon Kukar dan menjadi kebanggaan warga Kaltim. Selain sebagai tempat berwisata hiburan juga sebagai sarana edukasi bagi masyarakat. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top