• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





KUKAR (KutaiRaya.com) - Pembukaan Festival Seni Budaya Nusantara Muara Badak, yang digelar mulai 20 sampai 22 Oktober 2023 berlangsung meriah dan dihadiri ribuan masyarakat.

Event tersebut dibuka Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara Sugiarto, dihadiri Forkopimcam Muara Badak dan beberapa Kades di Kecamatan Muara Badak.

Sugiarto saat membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, dalam salah satu misi pembangunan Kutai Kartanegara, Pemkab Kukar bertekad untuk memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Misi ini kemudian diterjemahkan oleh OPD terkait dalam suatu program kegiatan di Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu program Kukar Kreatif Idaman," ujarnya.

Ia mengaku, untuk tahun 2023 saja, Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara telah menyusun 81 agenda pariwisata. Agenda tersebut akan dilaksanakan secara merata di seluruh wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, mulai dari hulu, tengah hingga pesisir. Festival Seni Budaya Nusantara merupakan salah satu agenda yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata, yang pada kesempatan ini dilaksanakan di Kecamatan Muara Badak.

"Selain akan menampilkan berbagai produk UMKM, event ini juga akan menampilkan berbagai kesenian daerah masyarakat. Hal ini tentunya merupakan upaya Pemerintah dalam melestarikan kesenian daerah. Serta memberikan wadah bagi para seniman untuk mengekspresikan diri. Menyediakan tempat dan event bagi para seniman untuk menampilkan kesenian daerah, dan ditonton oleh masyarakat," tuturnya.

Ia berharap, hal tersebut dapat kita apresiasi dan membantu agar kesenian daerah tidak mudah hilang, tergerus oleh budaya asing. Kita mungkin sudah tidak dijajah Belanda. Tetapi sedikit demi sedikit kita sudah mulai terjajah oleh budaya Korea dengan K-Pop, ataupun budaya asing yang lebih digemari anak muda.

"Dengan memberikan wadah, kesempatan dan apresiasi kepada masyarakat yang turut berkontribusi dalam melestarikan kesenian daerah, maupun dalam membangun perekonomian rakyat melalui UMKM, kami berharap visi misi pembangunan Kukar akan dapat terwujud sebagaimana harapan kita," terangnya.

Perlu diketahui, dalam event ini menghadirkan musisi besar legendaris Indonesia band Jamrud, kemudian juga ada artis Kiki BP4 serta komunitas seni budaya di Kukar. Festival ini merupakan agenda Dinas Pariwisata Kukar. Event ini masuk salah satu angenda rutin Dispar Kukar yakni Kukar Karya Festival yang terdapat dalam program RPJMD 2021-2024 Bupati dan Wakil Bupati Kukar. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top