• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kabid Pengawasan dan Promosi Disperindag Kukar Mohammad Bustani


TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan pembinaan dan pengembangan prodak yang berpotensi untuk ekspor.

Upaya pendampingan ini dilakukan mengingat banyaknya produk yang ada di Kukar yang bernilai untuk diekspor seperti, lidi nipah, udang beku, karet, minyak jelantah, lada dan banyak komoditi lainnya yang telah diekspor hingga keluar negeri, seperti India, Belanda, Spanyol, Inggris hingga Negri Sakura Jepang, dan negara tujuan lainnya.

Kabid Pengawasan dan Promosi Disperindag Kukar Mohammad Bustani mengatakan, bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menggali potensi perdagangan dan ekspor komoditas unggulan dari Kukar, dan beberapa komoditas unggulan Kukar yang akan dikembangkan untuk expor.

"Kegiatan pembinaan ini kami lakukan dibeberapa daerah, yang tersebar di Kecamatan Kukar. Salah satunya di Desa Salo Palai Kecamatan Muara Badak dengan potensi lada." kata Bustani Selasa (24/10/23).

Kemudian ada di Desa Santan Ulu Kecamatan Marang Kayu dengan produk kelapa dalam. Selain itu ada di Kecamatan Samboja dengan produk lidi nipahnya.

Ia mengatakan bahwa dalam pembinaan tersebut Disperindag juga mendatangkan langsung narasumber dari eksportir Kaltim. Pembinaan ini dilakukan kedapa daerah daerah yang berpotensi memiliki produk yang bisa diekspor keluar negeri.

"Kami berharap dengan adanya pembinaan ini, bisa memberikan pengetahuan dan manfaat bagi masyarakat. Pembinaan ini akan terus kita lakukan untuk mendorong produk yang ada di Kukar mampu menembus ke pasar internasional. Sehingga ekonomi masyarakat akan meningkat." harapnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top