• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sukirno

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu, merupakan salah satu wilayah pertanian penting di Kabupaten Kukar. Infrastruktur pembangunan pertanian menjadi prioritas untuk mendukung pengembangan sektor pertanian di daerah ini.

Kepala Desa Loh Sumber, Sukirno, menekankan komitmen pemerintah untuk membangun infrastruktur pertanian, termasuk saluran irigasi, jalan usaha tani, dan embung.

"Meskipun kami tidak memiliki waduk, pemerintah telah membangun embung sebagai alternatif penyimpanan air selama musim kemarau, yang membantu petani untuk tetap bertani." ungkap Sukirno Selasa (24/10/23).

Ia menyebut, untuk tahun ini ada beberapa pembangunan seperti parit atau saluran irigasi sepanjang 3-4 kilometer, yang dibagi ke dalam 9 RT, serta pembangunan jalan usaha tani menjadi fokus utama. Hal ini bertujuan untuk memastikan akses yang baik ke sawah, sehingga hasil pertanian dapat diakses dengan lancar.

Ia mengungkapkan, bahwa pembangunan pertanian di Kecamatan Loa Kulu selama beberapa tahun terakhir telah luar biasa, termasuk normalisasi parit dan bantuan sarana prasarana seperti pupuk dan alat pertanian. Bantuan dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten juga sangat membantu dalam merealisasikan pembangunan pertanian.

"Harapan kami adalah agar pembangunan ini berkelanjutan dan mendapatkan dukungan optimal dari pemerintah Kecamatan dan Kabupaten. Mereka percaya bahwa sektor pertanian dapat terus berkembang." harapnya.

Selain itu, Sukirno berharap program "Kukar Idaman" yang berfokus pada Pembangunan Pertanian Berbasis Kawasan dapat terus menyentuh masyarakat kecil di Desa Loh Sumber dan Kecamatan Loa Kulu, sehingga pertanian dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top