• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Edi Damansyah

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah berkomitmen dan mendukung pengembangan Kopi Luwak Desa Perangat Baru Kecamatan Marangkayu. Karena wilayah tersebut memiliki potensi perkebunan kopi yang bagus.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan bahwa program prioritas Kukar Idaman yaitu program hilirisasi produk pertanian dengan harapan kopi luwak dapat meningkatkan nilai tambah dan nilai jual produk ini yang akhirnya meningkatkan pendapatan para petani kopi luwak di Perangat Baru, dan desa sekitarnya.

"Minggu kemarin saya berkunjung lagi ke Desa Perangat Baru itu sudah ada beberapa titik yang dikembangkan kopi. Jadi di perangat baru sudah kita tetapkan kampung kopi luwak, brand nya disana dan ini sudah mulai bergerak." kata Edi Jum'at (17/3/23).

Edi mengapresiasi kelompok tani yang ada disana ikut semua membudidayakan kopi luwak ini. Mungkin kawasan kopi disana akan lebih besar lagi.

Dengan ditetapkan sebagai kampung kopi luwak Edi mengungkapkan bahwa bisa saja nanti akan ada festival kopi dari Kukar. "Memungkinkan sekali nanti. Cuma saya pinginnya festival itu berbasis komunitas, nanti bisa kita masukan dalam kalender kabupaten." terangnya.

Nanti akan dipadukan ketika ada moment tertentu, untuk dimasukan lomba-lomba meracik kopi yang basisnya komunitas.

"Saya berharap betul bagaimana teman-teman diberikan kepercayaan mengurusi komunitas dengan baik sehingga betul-betul komunitas ini menjadi kekuatan tidak hanya dari bidang lain, tapi saya berharap ini untuk penguatan ekonomi keluarga."pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top