• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengapresiasi keberadaan UPTD BBI Padi dan Palawijaya Rempanga Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provins Kalimantan Timur, di Desa Rempanga Kecamatan Loa Kulu Kukar, terkait upayanya dalam hal meningkatkan produksi pertanian di Kaltim.

Menurut politisi PDIP tersebut, Balai Benih ini merupakan tempat riset dan pengembangan terkait dengan benih padi dan hortikultura di Kukar bahkan Kaltim.

"Banyak hal yang sudah dilakukan UPTD BBI ini untuk bagaimana meningkatkan pertanian di Kaltim, disini riset dan pengembangan terkait dengan benih padi dan hortikultura, " ujar Samsun sapaan akrabnya kepada awak media, Rabu (15/03/2023).

Samsun mengatakan, sektor pertanian khususnya di Kecamatan Loa Kulu ini sudah sangat bagus dan daerah sini salah satu daerah lumbung pangan di Kukar bahkan Kaltim.

"Dan keberadaan UPTD BBI ini sangat bagus juga sebagai pusat risetnya, benih apa yang cocok dikembangkan oleh para petani di musim-musim seperti ini, dan benih apa yang bisa produktif dikembangkan oleh para petani, " tuturnya.

Ia menambahkan, BBI ini juga sebagai laboratorium lapangan terkait pertanian, dan disini langsung di aplikasi, jadi tidak hanya sekedar riset tapi juga memang betul-betul diaplikasikan di lahan yang ada di BBI ini.

"BBI ini perlu kita kembangkan riset-riset tentang tanaman pangan dan hortikultura di Kaltim supaya kita lebih tepat komoditi apa yang mau kita kembangkan, pola pengembangannya bagaimana, kalau pasar jangan khawatir tetapi tantangannya mau tidak kita ikut menanam dan seberapa banyak kita mampu untuk memproduksi, " pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top