• Minggu, 28 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



H Tajudin

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DiskopUKM) Kutai Kartanegara (Kukar) berencana akan membangun Klinik Koperasi dan UMKM. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam meningkatkan daya saing produk dan manajemen usaha.

Dengan adanya Klinik Koperasi dan UMKM nantinya diharapkan fasilitas pelayanan yang disediakan pemerintah daerah dan hadir untuk mempermudah masyarakat dengan berbagai layanan. Salah satunya adalah memberikan pendampingan penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Kepala DiskopUKM Kukar Tajudin mengatakan, pembangunan klinik tersebut akan dimulai tahun ini. Direncanakan, Klinik Koperasi dan UMKM Kukar dirintis di Kecamatan Loa Kulu, dan nantinya diteruskan ke tiga Kecamatan lainnya.

"Pembangunan klinik ini sesuai arahan Bupati melalui program dedikasinya adalah membentuk Klinik Koperasi dan UMKM," sebut Tajudin, Selasa (2/8/2022).

Dia mengungkapkan DiskopUKM Kukar melalui klinik tersebut siap menyediakan jasa pelayanan pendampingan seperti penerbitan NIB, pelatihan pembuatan label produk hingga konsultasi koperasi. Dan masyarakat akan dilayani Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan dari Pemprov.

"Upaya yang kami lakukan itu dahulu sementara, melihat banyaknya sebaran wilayah tidak mungkin serentak. Jadi kami akan lakukan secara bertahap dan perlahan-lahan." pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top