• Selasa, 30 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Guna mewujudkan budaya literasi, motivasi dan kreativitas, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kutai Kartanegara menggelar Rakor (Rapat Koordinasi) Bidang Perpustakaan, berlangsung di Pondok Jajak Indah Tenggarong, Rabu (20/07/2022).

Kegiatan tersebut dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara, Ahmad Taufik Hidayat, juga dihadiri Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov Kaltim Muhammad Syafranudin, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kukar Ahyani Fadiannur serta Panitia Penyelenggara Rakor Bidang Perpustakaan Se Kukar.

Ahmad Taufik Hidayat membacakan sambutan Bupati Kukar mengatakan, keberadaan perpustakaan yang memiliki peran penting dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas, mandiri unggul dan berdaya saing diera global Sebab membaca merupakan faktor

"Esensial dalam upaya membangun fondasi yang kokoh dalam peningkatan sumber daya manusia dan berpengetahuan dan berkeahlian khususnya demi terwujudnya budaya literasi, motivasi dan kreativitas masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu diperlukan kerja keras dan upaya kolektif dan segenap pihak untuk menghadirkan budaya kegemaran membaca dan memanfaatkan layanan perpustakaan untuk dijadikan bagian hidup keseharian ditengah masyarakat," terangnya.

Ia menambahkan, pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan menjadi sumber informasi dan pengetahuan, selain itu dapat dirumuskannya program - program kerja prioritas peningkatan layanan perpustakaan dan transformasi digitalisasi perpustakaan dalam merespon perkembangan dan perubahan zaman. Dengan diadakannya Rakor pada hari ini diharapkan pelaksanaan pengelolaan perpustakaan dapat terus ditingkatkan.

"Melalui peran para pustakaan untuk merencanakan dan melaksanakan program - program kerja layanan yang strategis dan juga dapat memastikan, bahwa setiap program kerja yang direncanakan telah direalisasikan, sehingga membawa kemaslahatan secara nyata dengan penerima manfaat utamanya masyarakat Kab Kukar," harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Sigit Iman Prasetyo dalam laporannya mengatakan, Rakor Perpustakaan diikuti 110 orang peserta terdiri dari Kepala Sekolah dan Kepala Perpustakaan Tingkat Sekolah Dasar/Madrasah/Ibtidayah, Tingkat Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Tingkat Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah serta Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi se Kab Kukar.

Rakor Perpustakaan ditandai dengan penandatangan perjanjian kerjasama antara Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar dengan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kukar, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kukar, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kukar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kukar, Dinas Komunikasi dan Informatika Kukar, Kantor Kementerian Agama Kukar serta Lapas Perempuan Kelas II Samarinda. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top