• Selasa, 27 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pulau Kumala

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Setelah hampir dua tahun setengah Objek Pulau Kumala tutup akibat pandemi covid 19 dan juga perbaikan listrik. Kini Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) berencana segera membuka kembali Objek Wisata Pulau Kumala.

Kepala Dinas Pariwisata Slamet Hadi Raharjo mengatakan untuk perbaikan listrik di Pulau Kumala sedang berjalan, setelah sebelumnya juga sudah dilakukan penyambungan listrik dari PLN.

"Saat ini perbaikan listrik baru bejalan separuh, dan mau progres ke penyaluran air dari PDAM. Kalau listriknya saja yang diperbaiki tapi PDAM nya tidak jalan kan juga tidak maksimal." ungkap Slamet saat di konfirmasi Selasa (12/7/2022).

Slamet menyebut kalau seandainya PDAM sudah bisa mengalirkan air ke Pulau Kumala maka akan segara dibuka secepatnya. Karena nanti akan ada Tenggarong Internasional Folk Arts Festival (TIFAF) yang akan diselenggarakan pada tanggal 20 sampai 24 Juli.

"InsyaAllah nanti kalau PDAM sudah bisa bisa digunakan, bukan hanya karena ada TIFAF tetapi sebelum pagelaran TIFAF juga sudah kita buka." ucapnya.

Slamet menyebut untuk wahana yang berada di Pulau Kumala, saat ini belum semuanya bisa diperbaiki karena saat ini fokusnya untuk masalah kelistrikan dan air.

"Nah kalau untukperbaikan wahana kita menyesuaikan anggaran, kalau belum ada anggaranya ya belum bisa kita perbaiki." jelasnya.

Slamet mengungkapkan pada saat dibuka nanti, pihaknya akan terlebih dahulu untuk membuka stand booth untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk berjualan disana.

"Dan untuk wahana itu nanti akan dikelola oleh pihak ketiga, karena disitu ada permainan untuk anak-anak seperti motor-motoran dan sepeda yang diperuntukkan untuk wisatawan untuk berkeliling Pulau Kumala," pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top